Dorong peningkatan Pembudidaya dan Nelayan di Nunukan, Bupati Laura berikan Bantuan

0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

NUNUKAN – Secara simbolis Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menyerahkan bantuan kepada kelompok kelompok nelayan untuk mendukung Pembudidaya dan nelayan guna tetap mempertahankan produktifitas masyarakat sehingga perekonomian tetap jalan di tengah masyarakat.

Untuk program Perikanan budidaya bantuan berupa perahu, mesin ketinting, tali, pelampung, terpal, tali anting, lantai jemur, bibit ikan tawar dan pakannya serta bibit ikan bandeng dan pakan, yang diserahkan langsung oleh Bupati Laura di Aula Gadis I Nunukan, Selasa 12 September 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Laura mengatakan adanya bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah kepada seluruh nelayan yang berada di Kabupaten Nunukan.

Lebih lanjut menurutnya meskipun belum menjangkau keseluruhan, namun nelayan yang ada dan telah memiliki persyaratan yang disalurkan terlebih dahulu, sambil mengupayakan lagi hal hal kedepannya yang belum tersentuh baik itu perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

“Jadi ini berbagai macam bantuan, hari ini simbolis saja, nanti dinas terkait secara tehnis akan menyalurkan, jadi merupakan bentuk perhatian kita, mudah mudah bisa bermanfaat untuk bapak ibu penerima bantuan,” Kata Bupati Laura.

Bupati Laura juga menekankan kepada penerima bantuan agar barang yang diterima tidak diperjualbelikan atau sebagainya, menurutnya kalau barang tersebut diterima satu kelompok tani, harus dipakai secara bergiliran.

” Disini saya tekankan, jangan sampai di jual, karena bermaksud adil di kelompoknya akhirnya dijual kemudian dibagi rata, bukan itu maksud kita, barang yang diberikan agar dipakai di kelompoknya secara bergantian, dan ketika itu terjadi, tidak akan mendapat lagi bantuan,” tegasnya.

Lebih jauh, Bupati Laura juga menjelaskan kepada para media yang mempertanyakan terkait pengawasannya, Bupati Laura menjawab bahwa pengawasan ditegaskan kepada para penyuluh di lapangan baik yang di Perikanan maupun Pertanian.

” Pemerintah Daerah kan memberikan bantuan, sebagai bentuk perhatian kepada para nelayan dan para petani, baik yang berada di Dinas Perikanan dan Pertanian, harapan kita agar bagaimana bantuan ini dapat di manfaatkan, untuk usaha usaha mereka untuk menjadi nilai tambah mereka dan mengurangi biaya usaha mereka, disini di tekankan agar tidak di jual agar lebih bermanfaat,” Ungkapnya kepada awak media.

Adapun bantuan yang di berikan melalui dana DAK 2023 berupa sarana prasarana budidaya rumput laut sebanyak 30 Pokdakan, budidaya air payau sebanyak 7 Pokdakan, budidaya air tawar sebanyak 30 Pokdakan. Kemudian jumlah penerima bantuan melalui APBD 2023, sarana prasarana budidaya rumput laut sebanyak 2 Pokdakan, Penjemuran rumput laut sebanyak 3 Pokdakan, budidaya air tawar sebanyak 4 Pokdakan. Jumlah Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang menerima Bantuan Perahu dan perlengkapannya, sebanyak 10 KUB,Alat Penangkapan Ikan 95 Paket, Mesin Kapal/Perahu 54 Unit, Peti Ikan/Cool Box 95 Unit dan Solar Cell 50 Unit. (*)

By Admin-TB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%