Walikota dan Rombongan Perumda Tirta Alam Tarakan Kuker Ke Batam

1 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

BATAM, TeropongBorneo.My.Id – Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., memimpin tim kecil yang terdiri dari perangkat daerah yang terkait dengan infrastruktur air bersih dan manajemen Perumda Tirta Alam Tarakan dalam sebuah kunjungan ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada Selasa, 23 Mei 2023.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari proses penyediaan air bersih melalui pengolahan air asin, khususnya melalui metode desalinasi yang telah diterapkan di Kota Batam.

Pemilihan Kota Batam sebagai tujuan kunjungan ini didasarkan pada fakta bahwa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam telah berhasil memulai proses pengolahan air laut menjadi air tawar melalui desalinasi.

Hal ini menarik perhatian Pemkot Tarakan, mengingat Kota Tarakan sendiri memiliki tantangan dalam penyediaan air bersih. Dengan populasi yang mencapai lebih dari 250 ribu jiwa dan terus berkembang, Kota Tarakan membutuhkan solusi yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Saat ini, produksi air PDAM Tarakan masih mengalami surplus dengan kapasitas produksi sebesar 499,75 liter per detik dan kapasitas distribusi sebesar 446 liter per detik, yang melayani lebih dari 94,22 persen rumah tangga di Tarakan.

Namun, dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, baik penduduk maupun non-penduduk, serta perkembangan sektor industri dan jasa di Kota Tarakan, kebutuhan akan air bersih terus meningkat.

Dalam kunjungan ke Kota Batam, tim dari Tarakan disambut dengan para ahli dan pimpinan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam yang memaparkan tentang teknologi dan proses yang digunakan dalam desalinasi air laut menjadi air tawar. Tim juga mengamati infrastruktur yang telah dibangun di Kota Batam untuk mendukung penyediaan air bersih yang efisien dan berkelanjutan.

Wali Kota dalam kesempatan ini menyatakan, bahwa kunjungan ke Kota Batam ini merupakan langkah penting dalam mempelajari teknologi dan pengalaman dari kota lain yang telah berhasil dalam penyediaan air bersih melalui pengolahan air asin. “Kami berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan ini di Kota Tarakan guna memenuhi kebutuhan akan air bersih yang semakin meningkat.” ujarnya, (admin-tb).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%