Sekda Kota Tarakan Membuka Secara Resmi Forum Perangkat Daerah

1 0
Read Time:2 Minute, 27 Second

TARAKAN, teropongborneo.my.id – Sekretaris Daerah Kota Tarakan H. A. Hamid, SE membuka secara resmi acara Forum Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2024 dengan Tema “Mencapai Kota Tarakan Maju dan Sejahtera” di Gedung Serbaguna Kantor Walikota Tarakan, Rabu 8/3/3023.

Hadir dalam acara FPD diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Tarakan Bapak Suparlan ST.MT, Asisten Pemmerintahan kota Tarakan Drs. Tarmizi, MH serta kepala OPD atau yang mewakili dan RT atau Delegasi perwakilan Tarakan Timur, Barat, Tengah dan Utara

Sekretaris Daerah Kota Tarakan H. A. Hamid, SE dalam sambutannya  mengatakan bahwa Forum Perangkat Daerah merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan mendiskusikan berbagai usulan yang dihasilkan melalui Musrenbang RKPD di kecamatan untuk disinkronkan dengan prioritas dan Pagu Indikatif Rencana Kerja Perangkat Daerah serta maksud untuk menyepakati hasil musrembang yang sudah masuk ke dalam rancangan Renja OPD tahun 2024.

Selain itu menyelaraskan program kegiatan dan sub kegiatan dengan usulan mesrenbang RKPD dari tingkat Kecamatan dan Kabupaten / Kota hingga provinsi. Ia juga mengatakan terimaksih sudah hadir dalam forum ini, dan sangatlah penting Forum ini dilaksanakan, dimana ada pertimbangan sinergi, kaloborasi, prioritas.

Sekda Tarakan ini juga mengatakan perencanaan pembangunan daerah selaras dengan pembangunan nasional. Tentunya itu memperhatikan dinamika dan potensi daerah.“Acara ini sangat penting agar Rencana Kerja di Perangkat Daerah bisa terarah dan memberi dampak yang maksimal pada masyarakat, serta melalui 15 program prioritas Kepala Daerah melalui tercapainya visi misi Kota Tarakan dengan Terwujudnya Kota Maju dan Sejahtera,” ujar H. A. Hamid, SE.

Ia juga mengatakan ada 16 program prioritas saat ini berjalan dengan baik, baik itu Pemberdayan Rukun Tetangga (RT) dengan setiap RT 50-200 juta, program Pendidikan, Bidang Kesehatan, Pembangunan 10.000 unit Perumahan Tanpa Uang Muka (DP 0%) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Gratis Pemasangan Sambungan Rumah Air PDAM, Restorasi, Jaring Pengaman Sosial, Program Penuntasan Masalah Pertanahan, Fasilitasi Keandalan Energi Listrik dan Jaringan Telepon/Internet serta Penyederhanaan Perijinan dalam Mendukung Pengembangan Investasi Kota Tarakan.

Selain ada juga program Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Infrastruktur Jalan Darat dan Jembatan, Program Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perikanan berupa bantuan pupuk, bibit, sarana dan prasarana, serta fasilitasi pemasaran produk pertanian dan perikanan/kelautan, Pengembangan Kawasan Sentra Industri Kecil Menengah Terpadu, Program Pengembangan Seni Budaya dan Olahraga, Kepemudaan, dan Kewanitaan, Program Pengembangan Taman Bermain Ramah Anak (TBRA) Satu Kelurahan Satu Playground dan Program Smart City – Plus.

H. A. Hamid, SE menegaskan forum perangkat daerah sayang jika ada yang tidak hadir, karen sangat penting dimana musrembang dari RT, Hingga kelurahan serta Kecamatan yang sudah di laksanakan, dimana usalan masyarakat dari RT-RT tentu akan menjadi nilai sendiri hingga prioritas bagi perangkat daerah.

Setelah forum dan rembuk RT atau Delegasi dari Kecamatan, nanti akan menjadi rancangan awal RKPD 2024 yang mana telah di laksanakan pada bulan pebruari lalu, jadi masuk ke tingkat kabupaten /kota Provensi dan Nasional, jadi inilah sekarang kita adakan Forum Perangkat Daerah, karena itu ini tidak boleh di abaikan, Tutupnya. (admin-TB/ER)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%