Peresmian Kampung Bahari Serentak di 68 Kesatuan Lanal, Lanal Nunukan Telah Lakukan dan Bentuk 5 Klaster, Apa Sajakah Itu ? 

0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

NUNUKAN, TeropongBorneo.My.Id – Mewakili Bupati, Camat Nunukan Selatan Bau Syahril bersama Forkopimda Nunukan mengikuti acara Peresmian Kampung Bahari Nusantara secara Virtual yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin. Pelaksanakan kegiatan ini secara serentak di 68 Kesatuan Lanal yang ada di Indonesia. Senin (15/05).

Dalam kegiatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa Kampung Bahari Nusantara adalah bentuk paling nyata kehadiran dan kedekatan Angkatan Laut (AL) dengan rakyat.

” Kewujudan komitmen TNI AL untuk wilayah maritim yang akan menyanggah pertumbuhan pertahanan negara, dan program Kampung Bahari Nusantara yang dituangkan 5 klaster tentu akan sangat efektif dan saling melengkapi antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan Bundes, dan pemangku kepentingan”, jelasnya.

Terlepas dari kegiatan virtual, Program Kampung Bahari Nusantara di Nunukan sendiri peresmiannya ditandai dengan pemotongan pita tempat Swafoto Mamolo yang dilaksanakan oleh Danlanal Nunukan dan disaksikan oleh Forkopimda dengan tujuan semoga nantinya akan membawa manfaat yang baik bagi masyarakat.

Dalam penjelasannya, Danlanal Nunukan Letkol Laut (Pelaut) Arief Kurniawan Hertanto menyampaikan di Nunukan sendiri telah dilakukan ada 5 Klaster yaitu :

Yang pertama Klaster Edukasi. Untuk di Tanjung Harapan (Mamolo) ada dibangun Rumah Pintar (Rumpin) yaitu dengan memberikan edukasi di luar sekolah bagi anak anak yang berada di Daerah Mamolo, disediakan metode pembelajaran di sore hari dan nantinya dapat diikutkan paket sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Yang kedua Klaster Ekonomi. Setra rumput laut dengan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Pemerintah Daerah tentang edukasi bagaimana cara budidaya rumput laut dengan baik, dan kemungkinan mengelola rumput laut selain dijual secara mentahan. Serta pembuatan penjemuran rumput laut yang berada di jalan Tanjung Kelurahan Nunukan Barat.

Yang ketiga Klaster Pertahanan. Membina 30 perahu yang diberikan cap khusus dan penomoran lambungnya, baik itu perahu rumput laut atau nelayan untuk kepanjangan mata dari Lanal Nunukan dalam rangkan menjaga kedaulatan negara NKRI

Yang keempat Klaster Kesehatan. Untuk di Kampung Mamolo ini, terdapat Puskesmas Pembantu, program posyandu, dan edukasi pencegahan Stunting.

Dan yang kelima Klaster Wisata. Untuk Tahun 2020 Lanal Nunukan sudah membangun 2 tempat wisata yaitu tempat Swafoto yang menghadap kelaut langsung dan jembatan wisata di pantai ecing Nunukan. (admin-TB/WT).

sumber-prokopim.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%