Pemkab Serahkan Sertifikat Penilaian Usaha Perkebunan di Binai

0 0
Read Time:2 Minute, 20 Second
BULUNGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menyerahkan sertifikat Penilaian Usaha Perkebunan (PUP) kepada PT Primabahagia Permai di Desa Binai, Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Rabu (21/12). PUP mengetahui kinerja usaha perkebunan, mengetahui kepatuhan usaha perkebunan terhadap peraturan dan ketentuan yang berlaku serta mendorong usaha perkebunan untuk memenuhi kewajibannya sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku dan dilaksanakan secara berkala.
PT Prima bahagia Permai merupakan perusahaan swasta yang beroperasi di 3 kecamatan yaitu wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kecamatan Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Selor. Sesuai Hak Guna Usaha (HGU), PT Primabahagia Permai beroperasi di 3 kebun yaitu Kebun Prima di Desa Binai dan Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur seluas 7.730,59 hektare terdiri area tertanam seluas 4.932,96 hektare dan area berproduksi seluas 4.742 hektare dengan pabrik berkapasitas 60 ton per jam serta area plasma Koperasi Mading Taga seluas 583 hektare.
Kemudian Kebun Bahagia di Desa Pura Sajau dan Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur seluas 1.310 hektare terdiri area sudah tertanam 1.310 hektare dan sudah berproduksi serta area plasma Koperasi Karya Prima Sejahtera seluas 264 hektare.
Selanjutnya Kebun Permai di wilayah Desa Antutan, Kecamatan Tanjung Palas dan Desa Gunung Seriang serta Desa Jelarai Selor, Kecamatan Tanjung Selor seluas 1.357, 2 hektare dan 3.777,58 hektare kadastral terdiri area yang sudah tertanam 1.601 hektare dan sudah berproduksi 601 hektare serta area plasma Koperasi Sawit Sejahtera Bersama seluas 383 hektare.
Bupati Bulungan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Errin Wiranda, SE menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT Primabahagia Permai dan mengingatkan, berbagai upaya yang serius perlu dilakukan oleh para pihak untuk melakukan pengelolaan pembangunan berkelanjutan.
”Saya berharap, adanya evaluasi dan penyerahan sertifikat PUP ini kiranya dapat mewujudkan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan khususnya di wilayah kerja PT Primabahagia Permai, dapat mengoptimalkan program Comdev atau CSR bagi masyarakat di sekitar perusahaan serta bisa membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi perdesaan di masa mendatang,” urainya dalam kegiatan yang turut diikuti Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Jamaluddin Saleh, S.Pd dan Asisten Administrasi Umum, Adi Irwansyah MS, SH, M.Si.
Dijelaskan, salah satu wujud perkebunan berkelanjutan yaitu dengan melakukan perlindungan pada areal-areal bernilai konservasi tinggi, yang tidak hanya penting dari aspek lingkungan tetapi juga dari aspek sosial dan budaya.
Pembangunan perkebunan secara tidak langsung juga memberikan dampak berganda (multiplier effect) terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat dalam berbagai ragam usaha. seperti perdagangan, transportasi, industri kecil/rumah tangga dan berbagai ragam kegiatan/ usaha masyarakat lainnya.
Di sisi lain berkembangnya usaha perkebunan juga akan meningkatkan devisa melalui perdagangan/ekspor produk perkebunan. Bagi Pemerintah Daerah akan diperoleh manfaat langsung berupa penerimaan berbagai pajak dan retribusi.
Fungsi perkebunan lainnya adalah fungsi sosial untuk memberikan peluang atau kesempatan kerja bagi masyarakat luas baik petani perkebunan maupun sebagai tenaga kerja sehingga dapat mengatasi pengangguran. (admin-TB)
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%