Ombudsman Harap Pelabuhan Tengkayu 1 Kota Jadi Perhatian Pemerintah Daerah

0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

Maria Ulfah, SE., M.Si Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara.

TARAKAN, teropongborneo.my.id – Pelabuhan Tengkayu 1 merupakan sarana transportasi laut, barang dan jasa, hampir setiap hari selalu dipadati penumpang menggunakan mode Speed baik dari beberapa daerah yaitu Tarakan, Bulungan, Malinau, Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung.

Namun apa jadinya, jika masih ada kekurangannya baik itu pelayanan hingga pengawasan, misalkan tempat pakir hingga buruh.

Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Utara Maria Ulfah, S.E, M.Si dalam jumpa pers pada hari Senin 11 Agustus 2023 di Hotel Royal Tarakan lalu mengatakan, “memang untuk saat ini kalau dilihat masih banyak sekali kekurangannya baik pelayanan atau SDM, pengamanan dan keamanan seperti Life Jacket atau baju pelampung dan sebagainya.” ucapnya.

Selain itu tidak adanya CCTV juga merupakan yang paling utama, karena dengan adanya CCTV dapat mengawasi pergerakan penumpang dan semua yang ada di Pelabuhan, penataan tempat parkir, atau ruang tunggu, “Saya meminta semua ditingkatkan baik pelayanan untuk kenyamanan masyarakat atau penumpang,” ujar Maria Ulfah.

Mengenai penumpang yaitu jasa angkut barang, seharusnya tidak ada lagi biaya tambahan, tapi malah masih saja dipungut, maka jika berbicara mengenai kebijakan dan hak, penumpang ada hak tidak membayar, namun tidak dimungkiri terkait dengan perekonomian, tentu kami dari Ombudsman harus ada kontrol dari pemerintah daerah,” ungkapnya. 

Lanjut dikatakan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara Maria Ulfah, “Mengenai peralihan harus melalui prosedur yang tidak mudah, perlu lagi dikoordinasikan,” ucapnya.

Harapan saya pelayanan masih harus ditingkatkan, baik SDM, keamanan dan pelayanan, harus ada CCTV-nya, karena ini juga merupakan alat kontrol dan secara langsung melihat aktivitas di Pelabuhan Tengkayu 1.

Banyak keluhan masyarakat tentang buruh menerapkan tarif cukup besar sehingga memberatkan masyarakat kalau itu berekonomi rendah, ini juga perlu dikoordinasikan lagi ke Pemerintah Daerah.

Seharusnya, tambah dia, ada kerja sama ekspedisi dengan speedboat yang memang khusus mengangkut barang, bukan memanfaatkan speedboat yang sebelumnya digunakan untuk penumpang. (as).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%