Kirab Pemilu 2024, Sarana Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Mengenal Parpol

1 0
Read Time:4 Minute, 30 Second

TARAKAN, teropongborneo.my.id – Dalam rangka menyongsong satu tahun menuju hari pemungutan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan menggelar peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 dengan Tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, di Kantor KPU Kota Tarakan Jalan, Sei Sesayap Tarakan Timur, Minggu (19/02/2023).

Dalam acara Kirab Pemilu di hadiri langsung oleh Asisten I kota Tarakan Tarmiji mewakili Walikota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes, Kapolres Tarakan, Komandan Lntamal 13 kota Tarakan yang mewakili, Kodim, Ketua KPU Tarakan, KPU Kaltara, Ketua KPU Bulungan, Ketua Bawaslu Kota Tarakan, dan seluruh peserta anggota dan Ketua Partai Politik kota Tarakan, dan para tamu undangan.

Dalam Kirab Pemilu 2024 tahun ini sesuai Peraturan Komisi KPU No 9 tahun 2022 tentang sosialisasi partai dan masyarakat kegiatan kirab pemilu tahun 2024 adalah sebagai ajang promosi untuk peningkatan partisipasi masyarakat dimana pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, sehingga masyarakat perlu tahu, partai politik yang berjumlah 18, dan kapan pemilihanya, ungkap Herry Fitrian Armandita, S.Pd. Anggota KPU Kota Tarakan Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisifasi Masyarakat dan SDM pada sambutannya sebagai laporan tim pengawal Kirab Pemilu 2024.

Herry Fitrian Armandita juga menjelaskan Kirab Pemilu 2024 pada hari ini akan berkeliling di seluruh Indonesia yang di mulai sejak tanggal 15 februari 2024, dan untuk Tarakan berada di zona 3 (tiga) dimulai titik awal Kota Tanjung Selor diserahkan kepada Kabupaten Bulungan, dan sekarang Kirab Pemilu 2024 di serahkan ke KPU Tarakan dan akan berkeliling di Kota Tarakan.

Ada 4 Kecamatan yang akan kami kelilingi, dari minggu hingga hari selasa, sebelum di serahkan KPU Nunukan tepatnya hari rabu tanggal 22 februari 2023, dan kirab ini akan terus berkeliling ke Malinau dan Kab, Tana Tidung hingga berakhir Kembali ke Provinsi Kalimantan utara serta berlanjut ke Provinsi Kalimnatan Timur sehingga Kirab terus berjalan melewati ke pulau jawa, jona 3 jawa timur, jawa barat dan jawa tengah dan akan berakhir di KPU RI, ada total 80 kabupaten  akan melewati kirab mobil ini, ungkap Herry Fitrian Armandita.

Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin, S.Kom,. M,Ikom, mengatakan dalam rangka Kirab Pemilu 2024 dengan tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, memiliki semangat dan sangat luar biasa juga relevan, dengan kondisi demokrasi saat ini, bahwa Pemilu sebelumnya masyarakat kita terbelah, terpecah lalu muncul isu-isu yang tidak enak di dengar, bahwa idealnya pemilu itu menyatu, kita boleh beda pandangan dan memilih, tapi harus dipahami kita jaga NKRI, karena semangat itulah yang menjadi landasan, kenapa kirab pemilu ini bertemakan Integrasi Bangsa, karena kita adalah satu yaitu NKRI.

Walaupun pemilu dapat dipandang sebagai persaingan untuk mendapatkan kekuasaan, namun ia berharap para pemilih tidak terlalu larut dalam suasana kontestasi antar calon, selain itu tahapan pemilu tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa kerja sama yang solid dari seluruh pihak, baik penyelenggara pemilu di tingkat pusat maupun daerah, ataupun pihak lain yang terlibat dalam pelaksanan pemilu.

Ketua KPU Tarakan Nasruddin saat membacakan deklarasi pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Diharapkan pemilu harus dijalankan dengan kerjasama dan soliditas, secara internal KPU juga harus dapat menjaga integritas, demokratis, damai, aman dan tertib,” Selain menyambut Pemilu 2024, kirab yang dilakukan KPU juga bertujuan sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan pemilih mengenai parpol yang akan ikut dalam pemilu, selain itu Kirab ini juga sebagai sarana untuk memeriahkan tahapan pemilu dan meningkatkan keingintahuan masyarakat terhadap Pemilu 2024.

Saya juga berharap kepada TNI dan Polri bisa mengawal semua tahapan dan tahapan dalam menjelang Pemilu, agar aman kondusif, kami sebagai penyelenggara pemilu meminta dengan rasa aman sehingga dalam pelaksanaan pemilu 2024 bisa terselengga dengan baik, kata Nasruddin, S.Kom,. M,Ikom,

Sementara KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al-Islam, S.HI.M.H dalam Sambutannya juga menjelaskan sesuai arahan KPU RI dalam menyambut 1 tahun pelaksanaan pemilu 2024, KPU RI melaksanakan launching kegiatan pihak pemilu, dari Provinsi Kaltara di berikan mandate di 7 titik se-Indonesai, dan Kalimantan Utara di berikan kepercayaan menjadi salah satu titik di mulainya kirab pemilu 2024.

Pada tanggal 14 Februari 2023 pihak KPU Kaltara menyerahkan secara langsung Kirab Pemilu 2024 kepada pihak KPU Bulungan untuk di sebarkan atau keliling menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang Pemilu pada tanggal 14 Februari 2024, setelah itu dan sekarang pihak KPU Bulungan serahkan Kembali untuk KPU Tarakan.

Setelah dari Tarakan akan lanjut ke Nunukan, Malinau, Tana Tidung dan Kembali ke Ibu Kota Provinsi yaitu Kaltara, KPU Kaltara nanti didampingi KPU Bulungan akan menggantar ke KPU Kalimantan Timur, ungkap ungkap Suryanata Al-Islam.

Sementara Walikota Tarakan dr. H. Khairul di wakili oleh Asisten I Kota Tarakan Tarmiji mengatakan selamat datang para rombongan Kirab Pemilu Bulungan pada hari ini akan menyerahkan Bendera Kirab Pemilu 2024 di Kota Tarakan yang akan di Kibarkan di seluruh Kota Tarakan.

Tarmiji juga menjelaskan bahwa Kirab Pemilu selalu di laksanakan menjelang satu tahun pemilu di laksanakan, dalam rangka melaksanakan pemberitahuan dan menginformasikan kepada masyarakat bahwa satu tahun lagi akan ada lagi pemilu, yaitu memilih para pemimpin kita, artinya masyarakat wajib ikut serta dalam pemilu, mengambil suara dan datang di bilik suara ungkap Tarmaji.

Dan saya pun berharap dalam penyampain tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik sehingga masyarakat menerima juga mengerti mengenai pemilu 2024 yang akan datang, kami dari pihak Pemerintah Kota Tarakan sangat mengapresiasi dan mendukungan penuh kepada KPU Tarakan, Bawaslu Tarakan dan jajaranya.

Pada Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 ini, KPU mengusung tema “Pemilu Sebagai Sarana Intergrasi Bangsa”. Dengan harapan pemilu dapat menyatukan perbedaan pendapat dan pilihan masyarakat Indonesia. Ungkap Tarmiji (admin-TB/ER).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%