Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas adalah Agen Perubahan

1 0
Read Time:1 Minute, 37 Second

BULUNGAN, teropongborneo.my.id – Sejumlah kepala sekolah, kepala dan kasubbag TU UPTD Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dilantik pada Rabu (29/3) di Aula BKPSDM di Jl Agathis, Tanjung Selor.

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengingatkan, pejabat fungsional yang dilantik merupakan garda terdepan agen perubahan yang dituntut dapat meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat.

“Segeralah beradaptasi dengan tempat tugas yang baru, pelajari lingkungan sekitar, buat langkah-langkah perubahan nyata menuju ke arah yang lebih baik serta bersiap untuk keluar dari zona nyaman,” pesan Bupati.

Diingatkan, kepala sekolah juga dituntut untuk memastikan anak usia sekolah di lingkungannya, agar bisa terfasilitasi pendidikannya, untuk meningkatkan angka harapan sekolah dan rata-rata lama sekolah di Bulungan.

Kemudian harus dapat mendorong para guru di Bulungan untuk terus meningkatkan kompetensi dirinya, yang nantinya akan banyak berdampak pada lingkungan belajar di sekolah, dan tentunya berdampak pula pada kualitas siswa sebagai anak didik.

“Anak-anak berkebutuhan khusus juga harus benar-benar kita layani pendidikannya sehingga tidak ada berita ada sekolah yang menolak anak-anak berkebutuhan khusus,” tegasnya.

Bupati lalu berpesan kepada para kepala UPTD Puskesmas beserta jajaran agar memberikan pelayanan ke masyarakat dengan pola 3S (Salam, Sapa dan Senyum).

“Sehingga mereka akan merasa mendapatkan pelayanan yang terbaik dari para aparatur pemerintah yang ada di bidang Kesehatan,” tandasnya.

Bupati juga mengingatkan, Puskesmas saat ini berkedudukan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yaitu sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas ataupun badan daerah, yang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibitas dalam pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Bupati berharap, sistem ini dapat diterapkan dengan baik dengan prinsip efisiensi dan produktifitas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Bulungan.

“Keuangannya harus benar-benar hati-hati dan dikelola sesuai dengan aturan yang ada. Kalau tidak ada yang dimengerti silakan konsultasikan kepada Inspektorat, ataupun Dinas Kesehatan untuk bersama kita menjaga. Sehingga ketika ada pemeriksaan BPK semua laporan keuangan kita dapat dipertanggung jawabkan,” pesan Bupati. (admin-TB).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%