Indeks Pencegahan Korupsi di Bulungan di Atas Rata-rata Nasional

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

BULUNGAN – Survei Penilaian Integritas (SPI) untuk Kabupaten Bulungan tahun 2022 mencapai 75,42 lebih tinggi dari Indeks Integritas Nasional tahun 2023 sebesar 72. Hal itu disampaikan Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si usai kegiatan pemantauan, evaluasi dan verifikasi pemenuhan data pendukung MCP (Monitoring Center for Prevention) tahun 2023 se-Kalimantan Utara (Kaltara) yang diselenggarakan KPK RI di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemerintah Provinsi Kaltara di Jl Rambutan, Tanjung Selor pada Selasa (22/8).

SPI bertujuan untuk membantu instansi memetakan resiko korupsi dan mengukur efektivitas upaya pencegahan korupsi. Sedangkan MCP merupakan sistem informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi.

Capaian MCP Bulungan di tahun 2023 cukup tinggi yaitu menunjukkan angka di atas rata-rata 38,81 Persen. Dalam MCP ada 8 area intervensi kegiatan koordinasi supervisi dan pencegahan (korsupgah) meliputi, Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa.

“Tentu capaian ini tidak hanya sampai di sini tapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan harus tetap terus memperbaiki diri. Sebanyak 8 area tersebut terus kita tingkatkan,” tegas Bupati dalam kegiatan yang juga diisi penandatanganan MoU percepatan target capaian MCP tahun 2023 bersama Gubernur Kaltara dan bupati walikota se-Kaltara.

Sebagai tindak lanjut, dijadwalkan pada Rabu (23/8) KPK RI bersama DPRD dan perangkat daerah terkait Pemkab akan mengkoordinasikan program pemberantasan korupsi terintegrasi di Kabupaten Bulungan.

“Saya berpesan kepada perangkat daerah terkait agar 8 area pencegahan korupsi tersebut terus diperbaiki, disempurnakan,” ujarnya. Kegiatan di Gedung Gadis juga diisi pengukuhan Forum PAKSI/API (Penyuluh Anti Korupsi/Ahli Pembangun Integritas) Provinsi Kaltara yang di dalamnya berisi berbagai unsur masyarakat dan pemerintahan sebagai salah satu upaya mencegah korupsi sejak dini. (Tim-BS)

By : Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%