Hari Krida Pertanian, Penghargaan untuk Petani

0 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

BULUNGAN – Hari Krida Pertanian yang diperingati setiap 21 Juni merupakan hari untuk mengenang serta menghargai para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di dunia pertanian. 

Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyampaikan hal itu dalam peringatan Hari Krida Pertanian tingkat Kabupaten Bulungan tahun 2023 di Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara pada Sabtu (29/7).

Dijelaskan, kata Krida dalam bahasa Jawa berarti tindakan atau perbuatan. Hari Krida Pertanian pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati dan sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti.

Pada hari tersebut insan pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan YME atas rahmat dan nikmat yang dilimpahkan-Nya berupa kekayaan alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan oleh insan pertanian untuk kesejahteraan umat manusia.

“Selanjutnya, juga sebagai doa dan harapan agar pada tahun-tahun berikutnya dapat memperoleh rahmat yang lebih besar dari pemanfaatan kekayaan alam tersebut dengan tanggungjawab untuk tetap melestarikannya,” terang Bupati.

Peringatan diisi penyerahan bantuan kepada sejumlah kelompok tani di Bulungan. Meliputi bantuan alat pengolahan hasil pertanian yaitu Corn Sealer, Power Treaser Multiguna, Power Treaser / Perontok Padi dan Bed Dryer.

Lalu bantuan fasilitas pendampingan program prioritas kawasan pertanian. Terdiri bibit cabe rawit, pupuk pelengkap cair, pengadaan bibit durian, benih umbi, saprodi bawang merah dan cultivator f 300.

Kemudian bantuan bagi kelompok penangkar padi di Bulungan. Adapula bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non FIsik terdiri Pekarangan Pangan Lestari (P2L) bagi kelompok wanita tani.

Bupati berharap, kegiatan Hari Krida Pertanian menjadi momentum dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan petani maupun nelayan di Bulungan dalam menyokong Ketahanan Pangan Nasional.

“Kami dari jajaran pemerintah daerah Kabupaten Bulungan, terus berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan di desa-desa di Bulungan, dengan sejumlah program dan kegiatan,” tegasnya.

Disebutkan, program tersebut antara lain Alokasi Dana Desa, Transfer Anggaran Kabupaten ke Desa berbasis Ekologi atau pembangunan berkelanjutan, Satu Desa Satu Produksi dan sejumlah program prioritas lainnya.

“Saya mengajak seluruh warga di Bulungan yang bergerak di bidang pertanian dalam arti luas, mari kita bergandengan tangan, kita bekerjasama, kita bersinergi dan berkolaborasi, dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah kita, sekaligus mendukung kedaulatan pangan nasional,” ucap Bupati. (*)

By: Admin-TB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%