Guru Dapat Pelatihan, Masa Transisi Siswa SD Di Buat Menyenangkan

0 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

BALIKPAPAN – Sesuai arahan Kemendikbud, seluruh SD menerapkan program transisi pendidikan anak usia dini (PAUD) ke SD yang menyenangkan, dan setelah masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) selama 10-21 Juli berakhir, kini transisi PAUD ke SD masih terus berjalan selama pembelajaran.

Kepala Disdikbud Irfan Taufik mengatakan, transisi yang dimaksud salah satunya membuat suasana kelas di SD sama seperti PAUD. Misalnya, kondisi dan penataan duduk yang tidak jauh berbeda. “Ini hal yang baru tentu masih ada perlu perbaikan di masa mendatang,” katanya.

Dia menjelaskan, Kemendikbud juga membantu penerapan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Seperti pelatihan bagi guru kelas awal melalui platform Merdeka Mengajar. Jadi, pelatihan ini bisa diakses guru untuk belajar konsep tersebut. “Guru sudah dapat pelatihan, tapi mereka bisa akses modul mandiri,” sebutnya.

Dalam platform tersebut, guru dapat mengakses modul dan pelatihan secara mandiri.

Sementara itu, Ketua Tim PAUD Disdikbud Balikpapan Sukesi menuturkan, persiapan transisi ini sudah berjalan sejak setahun lalu. Kemudian pada tahun ini, Kemendikbud meluncurkan program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Masalah utama selama ini muncul konsep yang salah. Bahwa, siswa PAUD sudah belajar baca, tulis, dan hitung (calistung). Harapannya, saat anak duduk di bangku SD memiliki kemampuan calistung. Padahal konsep ini salah, dan solusinya melalui transisi atau penyelarasan pembelajaran dari PAUD ke SD.

“Bagaimana sekolah menjalankan sekolah seperti saat berada di PAUD,” imbuhnya. Pemkot Balikpapan dalam mendukung program transisi ini melalui Disdikbud telah menerbitkan surat edaran. Tak hanya itu, persiapan dilakukan dengan sosialisasi dan pelatihan.

Kemudian, menggelar komitmen bersama pada 5 Juni. Komitmen antara Bunda PAUD Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud, mitra, dan koordinator kerja kepala sekolah (K3S) SD se-Balikpapan. “Intinya komitmen ini butuh semua stakeholder agar transisi berjalan lancar,” imbuhnya.

Lalu, sosialisasi mengundang kepala SD negeri, swasta, maupun madrasah ibtidaiah (MI) yang telah berlangsung pada 14 Juni.

Selanjutnya, pelatihan untuk guru kelas awal tentang program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan pada 4-7 Juli. “Serta memberi pelatihan bagi kepala SD negeri dan swasta pada 5 Juli,” tutupnya. (PD/*).

By: Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%