Gubernur Ajak Parpol Tingkatkan Kesadaran Politik Masyarakat

0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

TANJUNG SELOR, TeropongBorneo.My.Id – Gubernur Kalimantan Utara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengungkapkan, bantuan keuangan yang diberikan kepada partai politik sedianya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran politik bagi masyarakat.

Menurutnya, peran partai politik saat ini begitu penting dalam sistem politik Indonesia. Pasalnya, proses demokrasi partai politik tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga negara, tetapi dapat integrasikan dalam sistem politik.

“Partai politik juga tidak hanya berperan dalam mempersiapkan para kader calon pemimpin bangsa untuk dicalonkan melalui pemilihan umum. Tidak hanya menduduki berbagai jabatan di berbagai lembaga lembaga legislative maupun eksekutif tetapi juga memperjuangkan kebijakan publik berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat,”kata Gubernur usai menyerahkan bantuan keuangan (Bankeu) partai politik (Parpol) di Ruang Sebaguna Gedung Gadis, Rabu (24/5).

Ia menjelaskan bankeu parpol bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu maupun pilkada serentak. Di mana kedua hal ini menjadi salah satu indikator tingkat kesadaran masyarakat dalam berpolitik.

“Untuk mendukung kehidupan demokrasi maka Pemprov Kaltara perlu memberikan bantuan keuangan kepada para parpol yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan kesadaran berpolitik masyarakat,”jelasnya.

Ia juga mengingatkan, melalui bankeu yang telah diterima. Maka parpol memiliki kewajiban untuk mempertanggungjawabkannya. “Dengan laporan pertanggungjawaban yang harus diperiksa oleh BPK RI yang kemudian baru diserahkan kepada pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bankeu parpol bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Utara bantuan rutin kepada partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Provinsi Kaltara.

“Acara ini menjadi salah satu sarana silahturahmi antar pimpinan daerah seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), serta para pimpinan partai politik di Provinsi Kalimantan Utara sebagai kemitraan yang harmonis, dalam mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” tuntasnya. (Admin-TB/Dkisp).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%