Bupati Serahkan Dokumen (DPA – SKPD) Tahun 2023

1 0
Read Time:1 Minute, 39 Second

MALINAU – Bupati Malinau Wempi W. Mawa,SE.,M.H didampingi Wakil Bupati Jakaria SE., M.Si dan Sekertaris Daerah Kabupaten Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi., MM menghadiri sekaligus menyerahkan Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA – SKPD) Tahun 2023. Bertempat diruang pertemuan Laga Feratu lantai lll kantor Bupati Malianu. Rabu (1/2/23). Pagi.

Salah satu agenda rutin pemerintah daerah sebagaimana yang telah dilaporkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah. Dokumen Perencanaan Anggaran (DPA) merupakan tahap akhir dari seluruh proses perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Bupati Malinau Wempi W. Mawa menyampaikan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2023 adalah dasar pelaksanaan anggaran yang memberikan informasi, aliran data, serta penggunaan dan penyajian dokumen yang dilaksanakan secara elektronik.

Tambahnya, Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pimpinan opd yaitu: Pertama : Membuat rencana kerja opd yang digunakan sebagai acuan kebijakan strategis dalam rangka merealisasikan program dan kegiatannya. Kedua : Mengikuti aturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku dalam merealisasikan belanja. Ketiga: Meningkatkan kualitas belanja apbd dengan memastikan alokasi anggaran benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang dimiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Kemudian lanjutnya, Ke Empat :memberikan porsi yang lebih besar kepada belanja produktif seperti belanja modal dan infrastruktur serta melakukan efiensi terhadap belanja operasional dan sebagainya. bukan justru sebaliknya hanya sekedar menghabiskan anggaran tanpa arah yang jelas dan terukur

“Dan Kelima ; Mampu dan bisa menjawab persoalan-persoalan di tengah masyarakat sesuai dengan kewenangan dan program dan kegiatan yang ada, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, apapun yang menjadi kendala dimasyarakat agar cepat di tangani dan diselesaikan,”ujarnya.

Bupati Malinau menegaskan bahwa faktor ketepatan waktu sesuai jadwal kegiatan merupakan kunci utama keberhasilan seluruh kegiatan yang telah direncanakan.

“Saya berpesan jangan menunda-nunda realisasi pelaksanaan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) baik realisasi secara fisik maupun keuangannya,”ucapnya.

“Kepala OPD harus memperhatikan dan mempedomani visi dan misi pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program strategis dan prioritas dalam upaya akselerasi perubahan besar di Kabupaten Malinau dengan penuh kesungguhan dan tanggungjawab,”ujarnya. (admin-TB)

Sumber-Prokompim.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%