Bupati : Kerukunan adalah Prasyarat Pembangunan

0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengikuti upacara Hari Amal Bhakti ke 77 tahun 2022 Kementerian Agama RI di Lapangan Agathis, Tanjung Selor pada Selasa (3/1).

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov), Dr H Suriansyah, MAP bertindak sebagai pembina upacara dan menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Sekprov menyebutkan, peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke 77 tahun 2022 mengusung tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Disebutkan, kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis serta sering menguji kita, terlebih menjelang Pemilu 2024. “Sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional,” ujarnya.

Pembangunan membutuhkan stabilitas dan hal tersebut terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai. Di tahun politik ini, potensi terjadinya ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda tetap ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye sudah mulai terjadi.

“Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai,” pesannya.

Lanjutnya, keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian sesungguhnya.

“ASN Kemenag harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat,” tandasnya.

Ditambahkan, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Presiden RI pada HAB ke 77 tahun 2023 memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 PNS Kemenag.

Diingatkan pula peringatan HAB ke 77 ini seluruh ASN diajak untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan sekaligus penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia. (admin-TB/LS).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%