Bupati Berau Buka Acara Lomba Kuliner Khas Bajau dan Tari Dalling Kreasi Khas Bajau tahun 2023

0 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

TANJUNG BATU, BERAU – Tari Dalling adalah salah satu tarian daerah yang menggambarkan corak masyarakat di Kabupaten Berau. Tarian ini cukup terkenal dari zaman leluhur hingga era modern di Kabupaten Berau khususnya Suku Bajau.

Tari Dalling bisa dimainkan oleh anak-anak hingga dewasa, baik perempuan maupun laki-laki. Jumlah penari pun tidak ditentukan, sehingga bisa dilakukan oleh minimal 1 (satu) orang hingga 6 orang, Budaya ini telah dilakukan secara turun temurun dan telah melekat di masyarakat Bajau.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyaksikan tarian Dalling suku Bajau, selain itu perlu di kembangkan lagi hingga ke serasinya serta menggambarkan adat istiadat serta tarian yang melambangkan kebahagiaan juga menyambut tamu terhormat.

Kehadiran Bupati Berau sekaligus membuka Acara Lomba Kuliner Khas Bajau dan Tari Dalling Kreasi Khas Bajau tahun 2023 yang digelar di Pelabuhan Sedayang Kampung Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan. Kamis siang (21/9/2023).

Acara tersebut masih dalam suasana Hari Jadi Kabupaten Berau Ke-70, turut hadir Wakil Bupati Berau Gamalis, SE, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Ilyas Natsir, Camat Pulau Derawan Drs. Samsuddin Ambakadang beserta jajaran dan kepala OPD Pemkab Berau dan para masyarakat Kampung Batu.

Bupati Dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga di tahun depan akan diadakan lebih meriah lagi, ia mengatakan bahwa Berau terdiri dari tiga suku asli, yaitu Banua, Bajau, dan Dayak,” ujar Sri.

Seperti halnya lomba Ancur Paddas dan Puncak Rasul yang berlangsung beberapa waktu lalu, kegiatan hari ini tentunya juga menambah semarak perayaan hari jadi sekaligus semakin menunjukkan Berau memiliki kekayaan budaya yang luar biasa.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi jajaran panitia pelaksana, perangkat kampung, para peserta, serta masyarakat Kampung Tanjung Batu, yang telah turut berpartisipasi menyukseskan ajang kegiatan perlombaan budaya ini,” kata Sri

Promosi yang masif perlu dilakukan agar semakin menarik minat masyarakat. Diharapkan kuliner dan tarian khas ini selanjutnya dapat terus dikembangkan sebagai salah satu jenis usaha yang memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sri berpesan kepada para peserta agar lebih kreatif dan inovatif dalam mengkreasikan olahan makanan maupun tarian Bajau-nya sesuai dengan kondisi kekinian, namun tidak meninggalkan keasliannya. “Buat semenarik mungkin, sehingga diminati masyarakat maupun wisatawan,” ungkapnya.

Bupati juga sangat berharap, kita semua dapat bersinergi dalam upaya mendorong industri kuliner dan tarian khas daerah melalui peningkatan kualitas produk dan menjalin sinergi dengan pemerintah daerah, pelaku usaha, maupun pendukung usaha kuliner lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan gairah perekonomian daerah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Berau,” tutupnya.

Acara Lomba Kuliner Khas Bajau tahun 2023 di tutup dengan mengumumkan pemenang dari juara 1 dan 3. (*).

By Admin-TB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%