Bedah Buku “1000 Jalan Pengabdian” Empat Tahun Kepemimpinan dr. H. Khairul, M. Kes

1 0
Read Time:3 Minute, 3 Second

TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan mengelar kegiatan Bedah Buku “1000 Jalan Pengabdian dengan Tema Refleksi Empat Tahun Kepemimpinan Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes.” yang dilaksanakan di Kayan Hall Tarakan Plaza pada Kamis, 2 Maret 2023.

Bedah buku ini menghadirkan para panelis dari Dosen Universitas Borneo Tarakan Prof.Dr. Yahya Ahmad Zein, Kepala BPS Kota Tarakan Edwin Triyoga, dan Syamsi Sarman, turut juga menghadiri para ASN, RT, Polres, Dandim serta Tokoh Masyarakat, dan para jurnalis.

Bedah Buku secara sederhana didefenisikan sebagai sebuah kegiatan mengungkapkan kembali isi suatu buku yang ditulis oleh penulis secara ringkas, dan memberikan saran terkait serta kekurangan juga kelebihan buku tersebut, buku dengan 240 halaman lalu ukuran buku 14 x 21 cm.

Bedah buku dan resensi buku sering dianggap sama. Padahal keduanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Banyak banget manfaat bedah buku bagi penulis khususnya. Bagi penulis, pecinta buku dan bagi pelaku penerbitan sering menjadikan kegiatan bedah buku tidak sekedar event kegiatan saja.

Ternyata kegiatan semacam bedah buku memiliki banyak manfaat bagi banyak pihak. Baik itu untuk penulis, audience, hingga bagi pihak penerbit buku. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang atau bedah buku “1000 Jalan Pengabdian dengan Tema Refleksi Empat Tahun Kepemimpinan Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes.” yang mengulas sosok dan sejarah beliau.

Buku ini di tulis oleh Awan Setiawan diterbitkan oleh Pusat Profil dan Biografi Indonesia 2023, dan di cetak oleh PT. Rajasa Mitra Sukaes lalu 2022, Dan para penulis kisahkan dr. H. Khairul. M.Kes dimana sangat mempelajari banyak hal baru dalam kehidupan , tidak ada yang bisa mengira seorang dokter yang penuh dengan pengabdian dan berdedikasi kepada kesehatan masyarakat menjadi seorang pemimpin sebuah daerah.

Bahkan dirinya pun tak pernah berfikir saat kecil bahwa ia hanya ingin menjadi dokter yang terinspirasi dari dokter Darma, tokoh pada serial drama radio, katanya menjadi dokter merupakan perjuangan dan pengabdian.

Dari setiap Bab atau Halaman pada bukunya, perjalan dr. H. Khairul, M.Kes tersirat pesan kuat bagaimana seseorang dapat membawa perubahan bagi diri, keluarga dan lingkungnya, jadi buku ini merekam bagaimana bagi orang lain, bagaimana ia mampu mengubah dari hal yang tidak mungkin menjadi hal yang dapat dilakukan dan memberikan manfaat.

H. Khairul, M.Kes merupakan putra dari Abdul Latif dan Ibudanya Halifah, sosok ayah sebagai pedagang, Khairul lahir di Parepare Sulawesi Selatan yaitu pada hari Rabu 3 Juni 1964, dan ia pun hidup bersama ibunya, karena ayahnya merantau ke Kalimangtan Timur, sementara ibunya sibuk berdagang untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Kisah hidup di dalam buku itu tentu kita harus mahami dimana berjuang, mandiri, gagasan, ide, pemikiran, dan pengabdian untuk masyarakat merupakan bagian dari isi buku setebal 240 halaman ini.

Tidak hanya itu, di samping sebagai biografi, buku ini memuat data-data pembangunan Tarakan sepanjang empat tahun kepemimpinan sebagai bentuk pertanggungjawaban bagi masyarakat.

Dalam keynote speechnya, melalui buku ini Wali Kota ingin memberikan inspirasi dan referensi bagi seluruh masyarakat Kota Tarakan khusunya generasi muda untuk berjuang menjalani hidup dan menggapai mimpi. “Gantungkan cita-citamu setinggi langit karna jika engkau jatuh, kau akan jatuh di antara bintang-bintang,” ucapnya.

Di dalam bedah buku yang bertepatan dengan momen 4 tahun kepemimpinan ini, Wali Kota mengungkapkan telah banyak program yg telah terealisasi, namun juga masih ada program yang masih harus dicapai. Untuk itu di kesempatan ini Wali Kota mengajak seluruh masyarakat Kota Tarakan untuk turut berpartisipasi demi terwujudnya Tarakan sebagai kota smart city.

Di kesempatan ini pula, Ia mempersembahkan buku ini secara simbolis untuk orang-orang spesial yang mewarnai kehidupannya, khususnya bagi almarhumah Ibunda yang telah berpulang ke Rahmatullah. Buku ini pun diserahkan kepada sang istri, Ny. Sitti Rujiah., Almarhum H. Jusuf SK (diwakilkan oleh dr. Ari Yusnita), dan H. Udin Hianggio (diwakilkan oleh Sofyan Hianggio). (Admin/TB/ER).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%