25 Warga Istimewa Kota Balikpapan Terima Penghargaan

1 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

BALIKPAPAN – Ada hal istimewa pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Balikpapan dengan agenda Hari Jadi ke-126 Kota Balikpapan. Menjadi rangkaian Hari Jadi Kota Balikpapan dan berlangsung di Hotel Novotel, pada Selasa (07/02/2023), rapat paripurna istimewa dihadiri warga istimewa. Mereka adalah warga berprestasi dan warga pelopor penerima penghargaan.

Prestasi warga penerima penghargaan bervariasi pada pelbagai bidang, seperti olahraga, ekonomi kreatif, seni dan budaya, sastra dan literasi, pendidikan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pemberdayaan masyarakat, dan keagamaan.

Pun pada kepeloporan. Namun begitu, kepeloporan di bidang lingkungan lebih mendominasi. Kepeloporan lainnya tersebar pada bidang ekonomi kreatif, kesehatan, pertanian/urban farming, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan keagamaan.

Ketua Panitia Seleksi Warga Berprestasi dan Warga Pelopor Dortje Marpaung mengatakan respons warga kota untuk memperkenalkan prestasi dan kepeloporannya dengan cara mendaftar cukup besar. Setidaknya ada sekira140 dokumen yang masuk ke sekretariat panitia seleksi.

“Maunya kami sebanyak mungkin yang bisa dapat. Tetapi karena hanya diberikan kepada 25 warga, tentu kami harus menyaringnya dari seratusan dokumen yang masuk itu,” Dortje.

Ia menegaskan dinamika sudah pasti mewarnai selama proses seleksi. Tujuh anggota panitia seleksi memiliki hak bersuara untuk menentukan nominator penerima penghargaan berdasarkan parameter penilaian. “Apa yang telah menjadi kesepakatan dan keputusan panitia seleksi sangat terukur,” tegasnya.

Ia berharap penghargaan yang rutin diberikan pada setiap peringatan Hari Jadi Kota Balikpapan ini bisa menginspirasi warga kota lainnya untuk memberikan yang terbaik pada Kota Balikpapan.

Sebagaimana tema Hari Jadi ke-126 yakni Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi, Dortje meyakini semangat kolaborasi dan sinergi telah banyak dilakukan oleh masyarakat Balikpapan.

“Untuk hal-hal baik, menurut saya ekspose itu penting. Karena kebaikan yang diperlihatkan bisa memberi inspirasi kepada khalayak. Kami berharap tahun depan jumlah yang mendaftar semakin banyak dan lebih bervariasi,” ujarnya.

Pada kesempatan pemberian penghargaan, Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud S.E, M.E menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi prestasi dan kepeloporan yang diberikan warga penerima penghargaan.

“Capaian-capaian prestasi yang diraih Kota Balikpapan tidak bisa dilepaskan dari dukungan warganya. Capaian prestasi dan kepeloporan warga memberikan andil besar,” ujarnya. (admin-TB).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%