Warga Perumahan BCL Akhirnya Merasakan Air Bersih Setelah Bertahun-tahun Kualitas Air Buruk

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

SAMARINDA, Teropong Borneo – Sekitar 283 sambungan rumah (SR) telah menikmati air bersih. Instalasi tersebut diresmikan Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama jajarannya, Selasa (13/2). Pria yang akrab dengan sapaan AH itu mengatakan, pembangunan booster di perumahan tersebut merupakan bentuk respons cepat (quick response) pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat. Pihaknya pernah meninjau lokasi pada Jumat, 22 September 2023 lalu, merespons keluhan warga yang mengaku puluhan tahun tidak pernah menikmati aliran air bersih. Sebab, air bersihnya selama ini dikelola pihak perumahan yang kualitasnya buruk.

“Itu tidak perlu menunggu terlalu lama melalui mekanisme pembahasan APBD yang bersifat birokratis dan panjang. Makanya kami rapatkan antara TAPD serta pihak perumdam, melihat kemampuan keuangan. Sehingga bisa dikerjakan segera,” ucapnya, Selasa (13/2).

AH menuturkan, dari APBD Perubahan 2023, berhasil dialokasikan Rp 2,1 miliar untuk pembangunan booster. Pengerjaan dimulai sekitar empat bulan. Kepada warga, selama tiga bulan ke depan digratiskan. Selanjutnya diharapkan mulai membayar secara mandiri. “Pembayaran gratis tidak bisa selama-lamanya. Perumdam Tirta Kencana bisa kolaps. Namun, diharapkan dengan pembangunan fasilitas di perumahan bisa mengembalikan return of investment (RoI) oleh perumdam,” jelasnya.

Namun, dia menekankan perusahaan daerah memiliki kewajiban selain mencari keuntungan, perlu tanggung jawab sosial yang juga harus diberikan bagi masyarakat. “Kami bersyukur tiga tahun belakang kondisi keuangan perumdam sangat sehat. Itu juga didukung beberapa kebijakan dari moratorium pegawai, efisiensi, serta melakukan diversifikasi usaha,” jelasnya.

Sebagai informasi, booster di Perumahan BCL memiliki kapasitas pompa sekitar 10 liter per detik, dengan reservoir berdaya tampung 170 meter kubik. Sumber air berasal dari IPA Loa Bakung. Anggaran tersebut juga termasuk jaringan pipa distribusi sekitar 3.900 meter dari pipa induk di Jalan Lobang Tiga, Kelurahan Loa Bakung, menuju booster, serta dari booster menuju jaringan perumahan. *

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%