Ribuan Surat Suara Rusak Dimusnahkan, Logistik ke Lapas Sudah Terkirim, Siapkan Lima TPS

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

BONTANG – Komisi Pemilihan Umum Bontang memusnahkan kelebihan surat suara dan surat suara yang rusak, Selasa (13/2). Totalnya ada 3.167 lembar. Rinciannya, sebanyak 2.030 lembar surat suara capres dan cawapres, 572 lembar surat suara caleg DPR RI, 43 lembar surat suara caleg DPD RI, serta 239 lembar surat suara caleg DPRD provinsi.

“Kemudian, 39 lembar surat suara caleg DPRD Kota Bontang dapil Bontang Selatan dan 44 lembar surat suara caleg DPRD Kota Bontang Dapil Bontang Barat,” terang Ketua KPU Kota Bontang Erwin. Lebih lanjut, pihaknya turut memusnahkan 200 surat suara DPRD Kota Samarinda yang tercecer ke KPU Bontang.

Diketahui sebelumnya, penyortiran dan pelipatan surat suara telah dilakukan selama kurang lebih dua minggu. “Jadi saat penyortiran, ternyata ada surat suara dari Samarinda. Kami musnahkan juga hari ini,” pungkasnya.

Sementara, ribuan surat suara sudah didistribusikan ke Lapas Kelas IIA Kota Bontang. Ada lima tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di lapas. “Khusus untuk warga binaan, agar mereka tetap dapat memberikan hak suaranya,” jelas Erwin.

Ia menuturkan, proses pemungutan suara di lapas tak jauh berbeda. Hanya jumlah surat suara yang menyesuaikan, sebab tidak semua warga binaan lapas berdomisili di Kota Bontang.“Kalau ada warga binaan dari wilayah lain, berarti hanya mendapat empat surat suara, dan seterusnya,” tutur dia.

Adapun sebanyak 1.371 lembar surat suara untuk lapas, didistribusikan bersamaan dengan distribusi logistik ke seluruh kelurahan di Kota Bontang. Namun, jumlah tersebut belum termasuk dari 2 persen surat suara untuk penambahan bila ada surat suara yang rusak ataupun salah mencoblos.

Sebagai informasi, total surat suara yang didistribusikan ke 15 kelurahan di Bontang ialah 672.455 lembar. “Dari kelurahan baru didistribusi ke TPS yang ada di wilayahnya masing-masing,” tandasnya. (*)

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%