Profil Pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 30 Second

JAKARTA – Calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024 mendatang akhirnya lengkap.Terdapat tiga pasangan yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan pasangan Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud MD mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka baru mendaftar ke KPU, Rabu, 25 Oktober 2023.

Untuk mengenal lebih lanjut mengenai pasangan capres dan cawapres tersebut, berikut profil singkat tiga pasangan calon, seperti dikutip dari detik:

1. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Anies Baswedan (Capres) : Mengutip laman resmi Kemdikbud, Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 7 Mei 1969.

Ia menempuh pendidikan sarjana bidang ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1989-1995. Kemudian, melanjutkan pendidikan dalam bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs, University of Maryland, College Park tahun 1997, dan meraih gelar masternya pada Desember 1998.

Sesaat setelah lulus dari Maryland, ia kembali mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah dalam bidang ilmu politik di Northern Illinois University pada tahun 1999 dan lulus dengan meraih gelar Ph.D nya pada 2004.

Anies pernah menjabat sebagai direktur riset The Indonesian Institute, sebuah lembaga penelitian kebijakan publik.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina. Karier politiknya diawali dengan dilantiknya Anies sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Kabinet Indonesia Maju yang diusung Jokowi.

Lantas, ia menjabat sebagai Gubernur DKI pada 2017-2022.

Anies-Cak Imin berorasi politik di depan gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Muhaimin Iskandar (Cawapres), Mengutip laman resmi DPR RI, Muhaimin Iskandar atau yang lebih dikenal Cak Imin merupakan seseorang yang aktif dalam bidang politik.

Karier politik terakhirnya yaitu sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Cak Imin juga tercatat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) periode 2009-2014.

2. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ganjar Pranowo (Capres) : Mengutip laman PPID Provinsi Jateng, Ganjar Pranowo adalah seorang politisi yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Ia juga pernah menjabat sebagai Anggota Komisi IV DPR RI yang bertanggung jawab di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan pada tahun 2004-2009.

Mahfud MD (Cawapres) merupakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (MenkoPolhukam) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, Mahfud adalah seorang ahli hukum yang memiliki pengalaman sebagai Hakim Konstitusi Indonesia serta Anggota DPR.

Mahfud MD juga dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1984.

3. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto (Capres) : Mengutip laman Kemhan RI, Prabowo Subianto merupakan Menteri Pertahanan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

Ia adalah anak dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Beliau merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Sebelumnya, ia memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang kemiliteran.

Gibran Rakabuming Raka (Cawapres) : Mengutip laman resmi Prokompim Surakarta, Gibran Rakabuming Raka merupakan Wali Kota Solo periode 2021-2026 dan putra sulung Presiden Joko Widodo.Sebelum terjun ke dunia politik, ia aktif berkecimpung dalam dunia bisnis kuliner. (*)

By@admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%