Pemprov Optimalisasi Kualitas Tata Kelola Aset Daerah

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

TARAKAN – Sebagai upaya mengoptimalisasi kualitas tata kelola asset daerah, Pemprov Kaltara melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) menggelar Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah di Hotel Duta, Kota Tarakan, Selasa (28/11).

Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM.,M.AP menyatakan salah satu upaya strategis yang dapat dilakukan dalam optimalisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) di Kaltara dengan mengumpulkan dan memberikan pelatihan kompetensi dan pengembangan wawasan bagi para pengurus barang dan pejabat penatausahaan barang.

“Pengelolaan BMD yang sedemikian besar dengan jumlah aset yang terus menerus bertambah, menjadikan saudara (pengelola BMD) memiliki peran yang signifikan dalam terciptanya pengelolaan BMD yang akuntabel,” ujarnya.

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan memberikan pemahaman capaian kinerja pencegahan penanganan korupsi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK.

“Pengelolaan barang merupakan pekerjaan tidak mudah, diperlukan keterampilan dan ketelitian dalam bekerja. Harapannya dengan adanya sosialisasi ini kemampuan dan wawasan para pengelola barang bisa meningkat,”ulasnya.

Terlebih lagi, pengelolaan aset daerah pemerintahan menjadi salah satu faktor penilaian auditor eksternal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini erat kaitannya dengan penilaian opini laporan keuangan daerah.

Sosialisasi pengelolaan BMD ini akan mendorong terciptanya penatausahaan barang yang akuntabel dengan pengelola yang kompeten sebagai upaya menuju laporan keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) dan bebas dari korupsi. (dkisp).

By Admin .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%