Ingatkan 2 Tujuan Utama Otonomi Daerah

1 0
Read Time:1 Minute, 36 Second

TANJUNG SELOR, TeropongBorneo.My.Id– Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 28 dengan mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat” bertempat di lapangan agatis, Senin (29/4) pagi.

Hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Datu Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si.selaku Pembina Upacara menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D.

“Tema ini dipilih bertujuan untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di tingkat lokal,” kata Datu Iqro.

Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Berlandaskan prinsip dasar inilah otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 tujuan utama termasuk tujuan kesejahteran dan tujuan demokrasi,” kata Datu Iqro.

Dari segi tujuan kesejahteraan, desentralisasi diharapkan dapat memberikan pelayanan publik bagi masyarakat secara efektif dan efisien, melalui berbagai inovasi kebijakan pemerintah yang menekankan kekhasan daerah yang bersangkutan.

Sedangkan segi tujuan demokrasi, kebijakan desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society.

Datu Iqro menyebutkan kebijakan otonomi daerah juga memberikan keleluasan Pemerintah Daerah untuk melakukan eksperimentasi kebijakan di tingkat lokal seperti mendorong penggunaan teknologi hijau, pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.

“Dengan menggabungkan kebijakan otonomi daerah yang berfokus pada pembangunan ekonomi hijau, kita dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan,” tuntasnya.

Datu Iqro juga mengapresiasi atas terselenggaranya Upacara Hari Otonomi Daerah ke 28. Turut hadir Pelaksana Harian (Plh) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kaltara, Burhanuddin, S.Sos., Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kaltara, Pollymaart Sijabat, SKM., M.AP, seluruh Kepala Perangkat Daerah beserta seluruh jajaran.(dkisp).

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
100 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%