Memastikan Kelancaran Pemilu 2024, Peran Pengawas TPS Diperlukan

0 0
Read Time:57 Second

Samarinda, Teropong Borneo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar apel siaga pengawasan masa tenang dan pungut hitung pada Pemilu 2024. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat pagi (9/2/2024) lalu di lapangan Gelora Kadrie Oening jalan Wahid Hasyim, Kota Samarinda.

Tujuan utama dari pelaksanaan apel siaga ini adalah untuk memperkuat barisan pengawas dan memastikan kelancaran penyelenggaraan pemilu selama masa kampanye tersisa, hari tenang, dan proses pemungutan suara nanti.

Dibenarkan Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim, Hari Dermanto, memasuki periode hari tenang dan pemungutan suara adalah momen krusial dalam pelaksanaan pemilu yang demokratis serta transparan.

Salah satu aspek yang menjadi fokus utama apel siaga ini, yaitu peran penting pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam menjaga kelancaran proses pemungutan suara. “Karena mereka yang nantinya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat pemilu,” ujarnya.

Pengawas TPS diharapkan dapat bertindak secara cermat dan tanggap terhadap setiap kejadian yang kemungkinan akan timbul di TPS, termasuk di antaranya adalah interaksi langsung dengan pemilih dan kewenangan untuk merekomendasikan pemungutan suara ulang.

Selain itu, pengaturan proses penghitungan suara di TPS juga menjadi sorotan dalam apel siaga tersebut. Menurut Hari, sangat penting melakukan pengawasan, terutama soal urutan penghitungan suara. *

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%