Satgas Amankan Miras dan Kosmetik Tak Bertuan

0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

NUNUKAN – Puluhan botol minuman keras (miras) serta kosmetik ilegal kembali diamankan Personel Satgas Pamtas Yonif 621/Manuntung. Miras dan kosmetik asal negeri jiran tersebut diamankan Pos Sei Kaca pada Minggu (18/12) sekira pukul 20.40 WITA.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung, Letkol Inf Deny Ahdiani Amir melalui Danpos Sei Kaca Letda Inf Alexander Hendri menyampaikan total ada 8 kardus berisikan miras kosmetik asal Malaysia yang diamankan personel Pos Sei Kaca. Barang tak bertuan itu di simpan di sebuah perahu yang tertambat.

“Saat personel melakukan pengecekan perahu tanpa awak yang diparkir ditemukan miras dan kosmetik. Sehingga, langsung diamankan,” ucap Letda Inf Alexander Hendri, Senin (19/12). Dijelaskan, informasi penganan miras dan kosmetik ilegal bermula dari informasi masyarakat yang melintasi  Pos Sei Kaca pada Minggu (18/12) sekira pukul 19.00 WITA.

Saat itu, masyarakat yang menggunakan speed boat dari arah Sei Ular menuju Nunukan berhenti di Pos Pos Sei Kaca untuk melapor. Setelah melapor, yang bersangkutan menyampaikan kepada personel piket jaga bahwa telah melihat sebuah perahu tanpa penumpang bersandar di pos pantau jalur Sei Ular-Nunukan.

“Seperti biasa perahu dan speedboat yang melintas singgah melapor di Pos Sei Kaca. Setelah melapor warga kemudian menyampaikan melihat perahu dan tidak ada orang di perahu tersebut. Dan karena sudah gelap dan tidak berani berhenti dan melanjutkan perjalanan menuju Nunukan,” jelasnya.

Daei informasi tersebut, sekira pukul 19.15 WITA, Wadanpos Sertu Rezy beserta 4 orang personel melaksanakan pengecekan guna menindaklanjuti informasi yang diterima. Saat tiba di lokasi tepat di pos pantau tidak ditemukan adanya perahu yang bersandar. Kemudian, Wadanpos beserta personel melaksanakan pengecekan ke dalam pos pantau tersebut.

“Ditemukan 8 buah kardus. Ketika dibuka berisi 6 kardus miras jenis R&B Likeur Black Jack’s dan 2 kardus kosmetik asal Malaysia. Kemudian Wadanpos beserta anggota membawa seluruh kardus tersebut kembali ke Pos Sei Kaca untuk diamankan,” jelasnya.

Dari 8 kardus yang diamankan, terdapat 6 kardus miras jenis R&B Likeur Black Jack’s. Dimana, setiap kardus berisikan 12 botol miras dengan kandungan alkohol 5 persen. Kemudian, 2 kardus kosmetik asal Malaysia.

“Diamankannya 8 buah kardus yang berisi miras dan kosmetik asal Malaysia terindikasi masih maraknya giat ilegal penyelundupan barang asal Malaysia. Serta pelaku memanfaatkan bangunan kosong sebagai tempat transit sebelum dibawa masuk ke wilayah Nunukan. “Kita sudah berkoordinasi dengan Bea Cukai Nunukan. Barang bukti kita amankan. Selanjutnya akan diserahkan ke Bea Cukai,” pungkasnya. (admin-TB)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%