Rumah Kreasi Untuk Didik Anjal dan Gepeng Akan di Bangun Pemkot

0 0
Read Time:1 Minute, 33 Second

SAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (SPM), akan membangun dua Rumah Kreasi, Pembangunan Rumah Kreasi ini dalam rangka mengurangi anak jalanan, gelandangan, dan pengemis (AGP) yang ada di Samarinda.

Lebih jauh, pembangunan Rumah Kreasi ini untuk mewujudkan Kota Samarinda menjadi kota Pusat Peradaban sesuai dengan visi Kota Samarinda. Kepala Dinas Sosial Kota Samarinda, Isfihani, mengatakan pihaknya telah mengusulkan pembangunan Rumah Kreasi di tahun 2024.

“Kami mengusulkan kegiatan di tahun 2024 ini dengan membangun dua bangunan untuk rumah kreasi,” ujar Isfihani usai rapat dengar pendapat Dinas Sosial Kota Samarinda terkait Pembahasan Usulan APBD Murni Tahun 2024 di Ruang Rapat Gabungan DPRD Kota Samarinda, Jumat 14 Juli 2023.

Isfihani mengungkapkan, nantinya Rumah Kreasi ini dapat membantu mengurangi permasalahan AGP yang ada di Kota Samarinda. “Saat ini kami berencana akan membuat rumah kreasi, karena permasalahan AGP di Kota Samarinda ini tidak selesai-selesai,” ujar Isfihani.

Upaya untuk membantu para AGP ini sebelumnya telah dilakukan Dinas SPM Samarinda. Antara lain dengan membantu biaya agar AGP bisa kembali ke kampung halaman.

Namun, AGP tersebut justru kembali lagi ke Samarinda. “Kami bahkan juga sudah membantu dengan memberikan uang untuk membeli tiket pulang, sudah diantarkan ke terminal, ternyata sore sudah muncul lagi,” ujar Isfihani.

Untuk membangun Rumah Kreasi tersebut Dinsos mengusulkan anggaran sebesar Rp26 miliar. Saat ini, Dinas SPM Samarinda tinggal menunggu persetujuan.

“Perubahan anggaran yang kami usulkan dari Rp14 miliar menjadi Rp26 miliar. Kami coba usulkan dan semoga disetujui,” ujar Isfihani.

Menurut Isfihani, nantinya Rumah Kreasi akan memiliki beberapa fasilitas. Terutama fasilitas untuk mengembangkan keterampilan atau skill para AGP agar bisa terampil seperti di sekolah nonformal. dan “Kita akan didik di sana, dengan spektrumnya 60 sampai 70 persen keterampilan, 30 persen dari sisi akademiknya,” ujar Isfihani.

Rencananya,Dinas SPM Samarinda akan membangun 2 Rumah Kreasi. Antara lain di Panti Sosial Kota Samarinda dan di wilayah Teluk Lerong. (HR)

By : Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%