Kaltim Masih Dibayangi Potensi Hujan Lebat, Kecuali Samarinda 

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Samarinda, teropongborneo.mt.id – Kabupaten dan kota di wilayah Kaltim diprakirakan bakal mengalami hujan lebat hingga sepuluh hari ke depan. Berdasarkan informasi peringatan dini cuaca dan iklim dasarian (sepuluh hari) I Juli 2024 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebutkan wilayah Kaltim masih dalam periode musim hujan. Di mana hujan lebat akan terjadi merata hampir di seluruh kabupaten/kota di Kaltim. Kecuali Kota Samarinda. 

Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) Stasiun Meteorologi (Stamet) SAMS Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida dalam keterangan resminya menyampaikan, prakiraan hujan lebat di Kaltim mengacu pada tinjauan parameter iklim secara umum/global/regional.

Dari hasil monitoring El Niño Southern Oscillation (ENSO) Dasarian III Juni 2024, menunjukkan indeks ENSO berada pada +0.42 atau netral. ENSO ini adalah fenomena iklim alami berskala besa Yang melibatkan fluktuasi suhu lautan di Pasifik Khatulistiwa tengah dan timur. Ditambah dengan perubahan atmosfer di atasnya.

Kemudian Indian Ocean Dipole (IOD) atau perbedaan suhu permukaan laut antara dua wilayah, yaitu di Laut Arab (Samudera Hindia bagian barat) dan Samudera Hindia bagian timur di selatan Indonesia, sebesar -0.09 atau IOD Netral. “Indeks ENSO diprediksi bertahan netral pada Juli-September 2024. Sementara IOD positif diprediksi berlangsung hingga September 2024,” katanya, Senin (1/7).

Dengan demikian, diprakirakan pada 1 hingga 10 Juli 2024, masih terdapat potensi hujan lebat pada hampir seluruh wilayah Kaltim. Di mana prakiraan cuaca pada 1 hingga 3 Juli 2024 terdapat potensi hujan lebat di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kabupaten Kutai Barat (Kabar), Kabupaten Kutai Timur (Kutim), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Lalu, pada 4 hingga 6 Juli 2024, juga terdapat potensi hujan

lebat pada 3 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kubar, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan Kota Balikpapan. Kemudian prakiraan cuaca pada 7 sampai 10 Juli 2024 terdapat potensi hujan

Lebat di Kabupaten Berau dan Kabupaten Kubar. “Kepada masyarakat agar tetap waspada. Terutama masyarakat yang wilayah rumahnya rawan banjir dan tanah longsor,” pesan dia. (*)

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%