Jadikanlah Pekerjaan Sebagai Wujud Nyata Bela Negara, Ujar Walikota Balikpapan

0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

BALIKPAPAN, TeropongBorneo.My.Id – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) kembali menggelar Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Balikpapan. Sosialisasi Bela Negara yang digelar di Hotel Grand Senyiur itu diikuti para pegawai swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan

Dalam kesempatan itu Wali Kota Balikpapan dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Muhaimin berharap, Bela Negara menjadi pemicu bagi para pegawai. “Bagi para ASN di kota balikpapan, saya harapkan kegiatan ini dapat menjadi pengingat dan pemicu semangat dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Jadikanlah pekerjaan saudara sebagai wujud nyata bela negara,” ujarnya, Selasa (25/06/2024).

Sebagaimana dietahui bela negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara.

“Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

NILAI DASAR BELA NEGARA CINTA TANAH AIR

Menurutnya, nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal Bela Negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu dilingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” ujarnya

Dia menjelaskan, ditengah perubahan zaman dan arus globalisasi yang semakin pesat, semangat Bela Negara harus tetap tertanam kuat dalam sanubari seluruh warga negara. “Nilai-nilai luhur Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan semangat nasionalisme harus terus kita jaga dan lestarikan,: ujarnya.

Kata dia, Bela Negara bukan hanya tugas dan tanggung jawab prajurit TNI atau Polri, tetapi merupakan hak dan kewajiban seluruh elemen bangsa. “Setiap warga negara, tanpa terkecuali, harus memiliki rasa cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal untuk membela negara,” ujarnya.

“Disinilah lanjut peran penting sosialisasi dan diseminasi pembinaan kesadaran bela negara,”

Melalui kegiatan ini, diharapkan pemahaman dan kesadaran masyarakat kota balikpapan tentang bela negara dapat semakin meningkat. “Kita semua harus bahu-membahu dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia,” ujarnya. (**)

By Admin/PD.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%