Gubernur Jadi Irup Hari Jadi Satpol PP, Satlinmas, dan PMK

0 0
Read Time:2 Minute, 26 Second

TANJUNG SELOR, TeropongBorneo.My.Id – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. (HC) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum bertindak sebagai inspektur pada upacara gelar pasukan peringatan Hari Jadi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMK), Kamis (16/5).

Gubernur mengucapkan selamat hari jadi secara langsung kepada 3 satuan ini. Ia berharap pertambahan usia ini dapat menambah semangat pengabdian diiringi peningkatan kompetensi dan profesionalitas penunjang tugas dan fungsi di lapangan.

“Saya selaku pribadi maupun sebagai Gubernur, mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan pemadam kebakaran dan penyelamatan yang ada di Kalimantan Utara yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas dan pengabdian kepada masyarakat.

Bagi Gubernur, 3 satuan ini masing-masing memiliki peran yang besar dalam mendukung pemerintahan dengan menciptakan keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Hadir dalam agenda tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Dr Yansen TP, M.Si, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Kaltara, unsur Forkopimda tingkat provinsi dan kabupaten, Bupati Bulungan, Kepala Satpol PP se-Kaltara, Kepala PMK Nunukan dan KTT.

Ia mengatakan, Satpol PP memiliki peranan penyelenggaraan ketertiban umum, penegak peraturan daerah di tingkat provinsi hingga kabupaten, dan perlindungan masyarakat.

Saat tanyai mengenai evaluasi untuk Satpol-PP. Ia berpesan agar satuan ini sungguh-sungguh menjalankan tugasnya dan menjalin hubungan yang baik dengan berbagai lini terkait.

“Saya harapkan tetap dijalankan. Artinya jangan menjalankan tugas sembarangan. Kita lihat situasional di lapangan supaya semuanya bisa terlaksana dengan baik, masyarakat bisa melaksanakan kegiatannya dengan lancar. Bekerjasama dalam hal backup keamanan. Biasanya bersama-sama kepolisian dalam hal penegakan hukum lainnya,”pesannya, Lapangan Agatis.

Serupa dengan Satpol PP, Satlinmas juga telah banyak mendukung pemerintah dalam menciptakan rasa aman di lingkungan masyarakat seperti dukungan kelancaran dan suksesnya pelaksanaan pemilihan umum pada 14 Februari lalu.

Untuk PMK, menurutnya juga memiliki andil besar dalam kehidupan masyarakat. Dengan mengedepankan visi utama pemadam kebakaran dunia yakni To Prevent Fires, Safe Lives and Properties yang berarti “untuk mencegah kebakaran, menyelamatkan nyawa dan harta benda”.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengharapkan kesiapsiagaan petugas damkar terutama kesiapan alat kerja. Mengingat kejadian kebakaran di Desa Long Beluah Kecamatan Tanjung Palas Barat beberapa waktu lalu menjadi perhatiannya.

Tugas PMK tidak hanya berkaitan dengan penanggulangan bencana kebakaran, tetapi dapat diandalkan di area penyelamatan lainnya, seperti penanggulangan binatang buas ke pemukiman warga.“Itu salah satu tugasnya damkar melayani masyarakat untuk memberikan rasa aman,” ungkapnya.

Dalam peringatan hari jadi ini, juga dirangkaikan dengan Apel Siaga Pilkada Tahun 2024. Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024 ia mengajak seluruh peserta apel menjadikan momen ini untuk bersikap tegas namun humanis, proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing-masing.

“Saya mengharapkan kepada seluruh personil Satpol PP dan Linmas untuk selalu siap untuk mengawal, mendukung dan meningkatkan keamanan sebelum, pada saat dan sesudah pelaksanaan pilkada tahun 2024 ini,” tutupnya. (dkisp).

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%