Gerakan Peduli Warga, Kelurahan Karang Rejo Terima Penghargaan Berprestasi 2023

0 0
Read Time:2 Minute, 51 Second

BALIKPAPAN – Inovasi membawa Kelurahan Karang Rejo menyabet juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat nasional regional 3. Penghargaan tersebut sebagai desa dan kelurahan berprestasi 2023 yang didapat Kelurahan Karang Rejo diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dua hari sebelum peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Jakarta.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Lurah Karang Rejo Lukman Hakim menerima penghargaan tersebut. Dan Lukman menuturkan, pihaknya berhasil meraih penghargaan dengan mengusung inovasi Kampung Sedekah. Ini berkaitan dengan program Karang Rejo Menuju Kampung Sedekah.

Sebelumnya, wali kota sudah meresmikan program Kampung Sedekah ini pada Agustus tahun lalu. Dia bercerita, awalnya program ini berjalan dari 2021. Warga Karang Rejo mengadakan program Jumat Berkah. Saat itu, program masih sebatas antar-individu, belum semua warga tergerak bersama.

“Kami berinovasi dengan salah satu program CSR dengan membuat halte sedekah,” ucapnya. Ada 4 RT yang terlibat, yakni RT 36, RT 39, RT 42, dan RT 44. Ternyata animo masyarakat sangat bagus. Mereka berlomba untuk ikut berpartisipasi memberikan sedekah.

“Jenis sedekahnya bebas mulai sayur-mayur, lauk, susu, dan sebagainya. Moto kami taruh semampunya, ambil seperlunya,” sebutnya. Masyarakat yang ingin mengambil bantuan ini tidak terbatas, siapa saja bebas. Tidak hanya warga Karang Rejo tapi justru sekitarnya yang biasa lewat.

“Program ini tanpa paksaan, panggilan hati nurani warga saja yang memang ingin melakukan sedekah kepada sesama,” ujarnya. Kemudian seiring berjalan waktu, program berkembang dan banyak warga ingin membangun halte sedekah. Sehingga mereka mudah mengumpulkan barang sedekah.

Dia menjelaskan, hingga 2021 sudah lebih 50 persen RT di Karang Rejo yang berpartisipasi membuat halte sedekah. Akhirnya wali kota meresmikan program Kampung Sedekah Agustus tahun lalu. Terkini sudah 70 dari 87 RT yang punya halte sedekah.

“Artinya sudah hampir 100 persen masyarakat yang bergerak. Ini ada yang tidak buat halte karena letak RT-nya berdekatan, jadi bergabung saja,” ucapnya. Dia memperhitungkan, setiap halte minimal mengeluarkan dana sedekah Rp 350 ribu.

Sementara setahun bisa terkumpul dana masyarakat hingga Rp 1,17 miliar untuk sedekah. Mungkin lebih dari itu, rata-rata sumbangan halte sekitar Rp 500 ribu. Ada pun kegiatan kampung sedekah berlangsung setiap Jumat selama pukul 07.00–10.00 Wita.

“Tantangannya bagaimana bisa istiqomah, program berjalan konsisten. Kami bentuk pengurus halte,” imbuhnya. Masyarakat yang tidak bisa membantu dalam bentuk barang, mereka bisa sedekah titip uang kepada pengurus. Nanti pengurus yang mengolah dalam bentuk makanan tersebut.

Berangkat dari inovasi tersebut, Karang Rejo berhasil masuk 5 besar dan diundang ke Jakarta untuk presentasi penilaian menuju tiga besar. Turut hadir wali kota, DP3AKB, LPM, karang taruna, sponsor, dan sebagainya. Mereka yang turut memperkuat program ini berjalan.

Hasilnya, Karang Rejo meraih juara I untuk tingkat nasional regional 3. “Kami bersaing dengan seluruh kelurahan di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Total kelurahan se-Indonesia sekitar 80 ribu,” bebernya. Kini sebagai reward, Lukman diundang mengikuti rangkaian peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Negara.

“Paska lomba ini, Pemkot Balikpapan akan menjadikan Karang Rejo sebagai role model bagi pemberdayaan masyarakat di kelurahan lain,” tuturnya. Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, keberhasilan lurah berprestasi melalui lurah Karang Rejo ini dapat menjadi motivasi bagi lurah lainnya.

Selain itu, Rahmad datang menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha untuk Balikpapan. Menurut dia, ini sebuah kehormatan dan syukur atas penghargaan tersebut. “Upakarya ini penghargaan keberhasilan dalam pembinaan desa dan kelurahan tingkat nasional,” sebutnya.

Hal yang penting anugerah ini bermanfaat bagi Kota Beriman di masa mendatang. Dia menuturkan terima kasih atas dukungan warga yang selama ini turut menjaga Balikpapan. (*)

By Admin-TB.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%