Dua Ribu Bibit Pohon Gratis Dalam Gelaran PRK Kaltim

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

SAMARINDA – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Kaltim tahun 2023, Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim membagikan gratis 2.000 bibit pohon endemik Kaltim dan berbagai jenis buah-buahan.

Kepala Dishut Provinsi Kaltim Joko Istanto mengungkapkan, momentum PRK (Pesta Rakyat Kaltim) 2023, pihaknya membagikan 2.000 bibit pohon secara gratis. Di antaranya 1.000 pohon diserahkan secara simbolis kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, yang selanjutnya dibagikan kepada 10 Cabang Dinas Pendidikan dan UPTD di wilayah Kaltim.

“Selain itu, 1.000 bibit pohon untuk masyarakat, yang dibagikan secara gratis, mulai hari kedua PRK 2023 sampai hari ini, jumlahnya 2.000 bibit pohon, baik itu bibit pohon endemik Kaltim maupun berbagai jenis pohon buah-buahan,” jelas Joko Istanto, Rabu (11/1/2022).

Ia menambahkan dengan pembagian bibit pohon endemik Kaltim dan buah-buahan secara gratis kepada masyarakat, diharapkan mereka semakin peduli dan paham arti dalam menjaga lingkungan.

“Dengan menghijaukan lingkungan berarti kita menjaga alam sekitar kita, sehingga kalau kita merawat tanaman berarti kita juga ikut merawat lingkungan,” pesan Joko Istanto.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Muhammad Kurniawan memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dishut Kaltim, yang sudah menyerahkan 1.000 bibit pohon kepada Disdikbud Kaltim.

“Dan sudah diterima oleh cabang dinas kita, selanjutnya cabang dinas akan mentribusikan kembali kapada sekolah-sekolah, dan hal ini sangat positif dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan, termasuk motivasi untuk menimbulkan kewirausahawan para siswa siswi,” jelasnya.

Kurniawan juga berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dengan penghijauan berupa penanaman bibit pohon endemik maupun buah-buahan termasuk mengembangkan kewirausahaan untuk sekolah-sek

Adapun jenis bibit pohon yang dibagikan yaitu Matoa, Glodokan, Trembesi, Jengkol, Tanjung, Ulin, Kemiri, Angsana, Rambutan, Sukun, Petal, Cempedak, Durian, Langsat, Lengkeng dan Jambu Air. (admin-TB/HR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%