Diskominfo Kota Samarinda Sampaikan Pesan Pemilu Damai Lewat Sandima

0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

SAMARINDA – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda mengadakan Pagelaran Kesenian Tradisional Sandiwara Mamanda (Sandima) di gedung Bahimung Komplek Taman Budaya Provinsi Kalimantan Timur Jl. Kemakmuran Samarinda, Minggu (03/09/2023).

Pagelaran dimainkan oleh Kelompok kesenian “SANDIMA FORMAT” salah satu kelompok kesenian legendaris kota Samarinda di bawah pimpinan Moh. Nur Rohim, dengan mengangkat tema “Mari Kita Sukseskan Pemilu tahun 2024”

Kepala UPTD Taman Budaya Kalimantan Timur Hj. Novarita, M.M memberikan apresiasi kepada Diskominfo kota Samarinda yang telah turut membantu melestarikan kebudayaan tradisional Samarinda dengan melaksanakan pergelaran Sandiwara Mamanda (SANDIMA).

“Taman Budaya Kalimantan Timur ini merupakan Rumah Seniman yang ada di Kalimantan Timur, oleh karena itu saya berharap pagelaran seni budaya tradisional di kota Samarinda kerap dilaksanakan di Gedung Taman budaya ini,” ucapnya.

Novarita mengajak semua pihak untuk terus melestarikan seni budaya tradisional, termasuk Sandima yang merupakan kesenian khas kota Samarinda. Tujuannya tentu agar dicintai oleh generasi muda kita dan tidak tergerus dengan kebudayaan asing.

Sementara itu Ketua Dewan Kesenian Kota Samarinda Dr. Ibnu Araby sangat antusias menyambut pagelaran ini. Dia merasa sangat terbantu dengan program-program penyuluhan dan sosialisasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda yang menggunakan kesenian tradisi sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan.

Dia juga menyambut baik sinergi berbagai pihak dalam melestarikan kesenian tradisi ini. Apalagi dalam menyambut era Ibu Kota Nusantara (IKN) ini, diharapkan agar seni budaya daerah jangan sampai hilang ataupun kalah bersaing dengan kebudayan luar.

Dalam kesempatan ini pihak Taman Budaya Kaltim juga menyerahkan Award (penghargaan) kepada dua tokoh budaya Samarinda, yakni Elansyah Jamhari sebagai Tokoh Pelestari Sandima dan Abdillah Syafei sebagai Tokoh Pelestari Seni Berpantun.

Bingkisan sebagai apresiasi dan penghargaan juga diberikan kepada beberapa tokoh yang hadir yakni Dari pihak Diskominfo kota Samarinda, Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Syamsul Anwar. Dari Dewan Kesenian Samarinda Dr. Ibnu Arabi. Dari kelompok Sandima, Muhammad Nurrohim, Panglima Iyan, Didik Haliando dan Desi (pemeran Permaisuri). Juga penghargaan diberikan kepada penyair Kaltim Selamat Said Sanib yang memiliki perhatian pada kebudayan.

Selesai pementasan yang diselenggarakan oleh Diskominfo Samarinda, acara dilanjutkan dengan Workhsop Sandima dan Lomba Monolog Karakter Sandima yang berlangsung hingga menjelang sore hari. (KMF)

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%