Diciduk Polisi saat Asyik Makan Bakso, Sopir Caren Delano Ternyata Jual Mobil Majikan dengan Harga Rp 50 Juta, Ini Motifnya

0 0
Read Time:2 Minute, 51 Second

Presenter Caren Delano kini bisa bernapas lega karena mobil Mitsubishi Xpander miliknya yang sempat dibawa kabur sopirnya, FS (54) sudah ditemukan pihak kepolisian. Tak hanya menemukan mobil, polisi juga menangkap FS dan 2 pelaku lainnya berinisial MJ (42) dan H (41) yang terlibat dalam penggelapan mobil Caren Delano.

Atas perbuatannya, FS disangkakan pasal 372 KUHP terkait penggelapan. Sementara MJ dan H disangkakan pasal 374 juncto 480 ayat 1&2 KUHP terkait penadahan.

Ketiganya terancam hukuman empat tahun di penjara. Selain itu, ada dua orang lainnya yakni inisial A dan TZ yang masih diburu polisi masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dalam jumpa pers Jumat (6/10/2023) kemarin, Kapolsek Metro Setia Budi, Kompol Arif Purnama Oktora menjelaskan kronologi penangkapan dan peran masing-masing pelaku. Melansir dari Kompas.com, berikut rangkumannya :

Pertama : Sopir ditangkap di Bandung saat menyantap bakso : Arif membeberkan kronologi penangkapan FS, sopir Caren yang membawa kabur mobil majikannya itu. FS, kata Arif melarkan diri ke Bandung. Penangkapan FS juga turut dibantu oleh Polda Jawa Barat. Akhirnya, polisi berhasil menciduk FS di Bandung saat sedang menyantap baksonya pada Sabtu (30/9/2023) lalu.

“Sehingga pada minggu pelaku FS diamankan di salah satu food court di Bandung, Jawa Barat. Yang bersangkutan sedang makan bakso,” kata Arief.

Saat ditangkap pihak kepolisian, FS responnya refeks dan kaget. Dari penangkapan FS, polisi mengembangkan kasus dan berhasil menangkap dua pelaku lainnya. Dua pelaku lainnya adalah MH dan J yang berperan sebagai penadah serta penjual mobil milik Caren. Kemudian, dua orang lainnya, A dan TZ yang masih jadi buronan polisi memiliki peran sebagai penadah atau pembeli mobil Caren.

Kedua : Mobil Caren Delano dijual dengan harga miring – Arif mengatakan, mobil Mitsubishi Xpander milik Caren dijual dengan harga miring. Kata Arif, MJ dan H selaku perantara jual-beli mobil hanya mematok harga Rp 50 juta.

Keuntungan itu kemudian dibagi-bagi oleh ketiga pelaku dan FS, sopir yang membawa kabur mobil Caren ini memperoleh untung terbanyak. “Berdasarkan hasil pemeriksaan dari para pelaku, FS (Ferdy) mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan kendaraan milik Caren Delano sebesar Rp 35 juta rupiah,”ungkap Arif.

“Selanjutnya H mendapatkan keuntungan sebanyak Rp 13,5 juta. Untuk MJ sendiri mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1,5 juta,” Sementara, untuk mobil Caren yang telah dijual itu ditemukan di wilayah Balaraja, Kabupaten Tangerang Banten.

Ketiga : Motif sopir bawa kabur mobil Caren Delano – Arif mengatakan, FS mengaku motifnya membawa kabur mobil Caren karena kebutuhan ekonomi. “Sementara ini, motifnya ekonomi (dari FS),” ujar Arif.

Meski demikian, polisi masih terus memeriksa pelaku apakah sering melakukan modus sebagai sopir pribadi, lalu membawa mobil kabur majikan, dan menjualnya. Sebab Arif curiga FS dan kawanan pelaku lainnya adalah sindikat penggelapan mobil.

Keempat : Caren Delano trauma rekrut sopir – Dengan kejadian yang menimpanya, Caren mengaku trauma untuk kembali merekrut sopir baru. Ia khawatir mobilnya akan dibawa kabur lagi oleh sopirnya.

Kendati demikian, Caren tak memungkiri membutuhkan tenaga sopir untuk membantu aktivitasnya. “Pada saat ditawarkan (untuk sopir baru), saya enggak mau hidup dalam trauma tapi saya butuh juga,” ucap Caren.

Oleh karena itu, kini Caren akan lebih selektif dalam memilih sopir pribadi.

Kelima : Caren Delano maafkan sopir, tapi tetap harus bertanggung jawab – Caren mengaku sudah bertemu langsung dengan FS, sopir pribadi yang membawa kabur mobilnya.

Kata Caren, FS meminta maaf langsung padanya sembari menunduk. “Saat dia balik ke sel, saya bilang ‘Bapak harus tahu, saya maafkan tapi Bapak harus bertanggung jawab’,” tambah Caren.

Terakhir, Caren mengucapkan terima kasih kepada polisi yang telah berhasil mengungkap kasusnya. (*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%