Bupati Mengikuti Tradisi Tolak Bala di Pantai Tanjung Arang

0 0
Read Time:1 Minute, 2 Second

BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengikuti tradisi tolak bala di Pantai Tanjung Arang, Kecamatan Bunyu pada Rabu (13/9) atau Rabu terakhir bulan Safar tahun 1445 Hijriah.

Kepercayaan masyarakat pada Rabu terakhir atau tanggal 27 bulan Safar 1445 H, Allah SWT menurunkan 320 ribu macam bala’ (musibah) dalam satu malam.

Oleh karena itu, umat Islam disarankan melakukan sholat, berdoa dan berbagai amalan lainnya agar terhindarkan dari musibah.

Bupati menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan yang sudah menjadi tradisi leluhur dan para orang tua yaitu membaca doa tolak bala sekaligus doa selamat. “Ini dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bulungan termasuk di wilayah pesisir,” ujar Bupati.

Lanjutnya, selain pembacaan doa, adapula tradisi bagi ibu yang melahirkan di bulan Safar maka bayinya juga ditimbang bersama sayur maupun buah-buahan.

Tradisi ini dimaksudkan agar anak yang lahir di bulan Safar memiliki keseimbangan dan kecukupan, menghilangkan kebiasaan buruk anak serta agar anak tersebut tumbuh dan berkembang dengan taat beragama serta taat kepada orangtua.

“Kegiatan ini sangat baik agar kita senantiasa berdoa, meminta kepada Allah SWT, meminta perlindungan, diberikan kesehatan, serta dijauhkan dari segala mara bahaya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari,” imbuh Bupati.

Selain mengikuti tradisi tolak bala, Bupati juga menyempatkan meninjau Puskesmas Bunyu serta TK Negeri 01 Pembina Bunyu. (*/Tim-Admin).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%