Bupati Buka Atraksi Adat dan Budaya Bebalon, Bebilin, Beselapid

1 0
Read Time:1 Minute, 29 Second

MALINAU – Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., M.H. membuka secara resmi Atraksi Adat dan Budaya Bebalon, Bebilin, Beselapid dari Suku Tidung Kabupaten Malinau yang diselenggarakan di Panggung Budaya Padan Liu’ Burung, pada Senin (06/02).

Ketua panitia H. Sulaiman Yusuf melaporkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar nilai-nilai luhur budaya dapat tetap dipertahankan meskipun telah melalui proses perubahan bentuk dan budayanya. Sekaligus menjadi wadah silaturahmi.

Dalam kegiatan hari ini akan menampilkan atraksi budaya Bepupur, Gunting Abuk dan Masak Indong. Kemudian besoknya Selasa (7 Februari) akan dilangsungkan Musyawarah Mufakat atau Pemilihan Ketua dan Pengurus Lembaga Adat Besar Tidung masa bakti 2023-2028 di Balai Adat Tidung, Desa Malinau Seberang.

Sementara itu, Bupati Malinau Wempi W. Mawa, S.E., M.H. memberikan apresiasi atas terselenggaranya atraksi adat dan budaya Bebalon, Bebilin, Beselapid ini.

Wempi menjelaskan menurut terjemahan yang ia dapat, Bebalon atau Bebilin ini merupakan sebuah momen dimana pesan disampaikan oleh orang tua atau orang yang patut menasehati kedalam bentuk syair.

“Seperti yang tadi telah kita saksikan bersama disampaikan dalam acara-acara adat masyarakat Tidung khususnya pada upacara gunting rambut dan masak Indong yang hingga kini masih dipertahankan oleh masyarakat kita,” ungkapnya.

“Untuk itu, besar harapan saya melalui momentum Bebalon, Bebilin, Beselapid ini akan ada nasehat-nasehat dan petuah yang dapat kita petik, khususnya bagi generasi muda dalam hal menjalani kehidupan di masa sekarang ini,” imbuhnya.

Generasi muda lanjut Wempi, perlu mengetahui, memahami serta menghormati budayanya sendiri sehingga menimbulkan sebuah kecintaan terhadap budaya tersebut.

Melalui momentum ini juga warga Tidung akan melaksanakan Pemilihan Ketua Umum dan Pengurus Lembaga Adat Besar Tidung Kabupaten Malinau masa bakti 2023-2028.

“Saya berpesan lakukanlah kegiatan pemilihan ini dengan tertib, menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah dan mufakat. Sehingga siapa pun nanti yang terpilih merupakan pilihan terbaik dari warga Tidung,” tuturnya. (admin-TB).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%