Berlangsung Meriah, Wagub Sebut Festival Sungai Kayan Bagian dari Promosi Wisata

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

TANJUNG SELOR – Pelaksanaan Festival Sungai Kayan 2023 berlangsung meriah. Perhelatan ini diperingati setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 233 dan Kabupaten Bulungan ke 63.

Kemeriahannya dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Bulungan. Di mana terdapat kompetisi olahraga tradisional yang diharapkan dapat menumbuhkan perputaran ekonomi.

Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr Yansen TP, M.Si yang turut menghadiri Festival Sungai Kayan 2023 mengungkapkan perhelatan ini sebagai bagian dari promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Bulungan.

Ia mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan yang rutin menggelar event serupa. “Satu keberuntungan bagi Kabupaten Bulungan khususnya Kalimantan Utara memiliki sebuah potensi besar yang menopang kehidupan masyarakat dan juga menopang peluang pembangunan kedepan,” kata Wagub Yansen di Pelabuhan VVIP Tanjung Selor, Rabu (4/10).

Menurutnya, Festival Sungai Kayan merupakan rangkaian pesta budaya yang harus dimeriahkan. Sehingga masyarakatpun harus merasakan dampaknya dari segala sektor.

“Ini adalah peluang karena dari sungai ini akan banyak dampak – dampak positif yang bisa menghadirkan kesempatan kerja bagi masyarakat. Di samping digunakan untuk mobilisasi orang dan barang juga bisa menjadi aset wisata,”bebernya.

Ia menilai, Festival Sungai Kayan 2023 memiliki geliat yang cukup signifikan. Di mana jumlah pesertanya kini cukup banyak.
“Jadi saya kira inilah peluang yang besar untuk Kabupaten Bulungan bisa meningkatkan akselerasi pembangunan melalui kondisi Sungai Kayan,” ujarnya.

Karena itu, Wagub meminta pemerintah kabupaten/kota khususnya Kabupaten Bulungan bisa memanfaatkan potensi wisatanya di samping menggunakan alur sungainya. Seperti, bantaran sungai atau pinggirannya dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat.

“Harapan saya kedepannya, kegiatan tradisional di sungai ini tidak akan pernah hilang. Kita berharap kegiatan seperti ini dapat berjalan secara berkesinambungan,”tuntasnya.

Turut hadir Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd., M.Si., Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, S.E., M.Si., beserta unsur Forkopimda Bulungan, anggota DPRD Bulungan. (dkisp)

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%