Beasiswa Kaltara Unggul, Investasi Pendidikan di Masa Depan

1 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara, baru saja meluncurkan Program Beasiswa Kaltara Unggul di Lt. 1 Gedung Gadis, Selasa (12/12). Program tahunan tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum – Dr Yansen TP, M.Si.

Gubernur mengungkapkan, program beasiswa ini menjadi komitmen serius pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Selain itu, juga memastikan akses pendidikan tinggi sebagai hak tiap anak di Kaltara.

“Program ini juga sebagai investasi masa depan demi menciptakan generasi Kaltara yang berkualitas dan berdaya saing,” jelas Gubernur.

Program Beasiswa Kaltara Unggul 2023 mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk 8.295 penerima meliputi jenjang pendidikan dasar dan menengah: 2.200 penerima berprestasi akademik dan kurang mampu, masing-masing mendapatkan beasiswa jenjang pendidikan dasar sebesar Rp. 800.000 dan jenjang pendidikan menengah sebesar Rp. 1.000.000.

Kemudian, jenjang pendidikan keagamaan dalam wilayah Provinsi Kalimantan Utara: 400 penerima untuk pendidikan Madrasah Ibtida’yah/Tsanawiyah/sederajat dengan beasiswa Rp. 800.000 dan Madrasah Aliyah/sederajat dengan beasiswa Rp. 1.000.000. Lalu, jenjang pendidikan keagamaan luar wilayah Provinsi Kalimantan Utara: 50 penerima dengan beasiswa Rp. 1.000.000. Selain itu, terdapat beasiswa khusus untuk 54 penerima dengan total nilai Rp. 306.000.000.

Program ini, kata Gubernur, diharapkan dapat memberikan memberikan kesempatan berharga bagi anak-anak Kalimantan Utara untuk mengejar pendidikan tinggi.

“Program Beasiswa Kaltara Unggul diharapkan tidak hanya bermanfaat saat ini, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam membangun SDM unggul dan berdaya saing di masa mendatang,” lanjutnya.

Selain itu Gubernur menegaskan bahwa kehadiran Beasiswa Kaltara Unggul ini adalah bagian integral dari upaya mereka untuk menciptakan generasi yang unggul.

“Dengan memberikan kesempatan kepada pelajar berprestasi dan kurang mampu, serta mendukung pendidikan keagamaan, program ini diharapkan dapat merangsang semangat belajar dan memperluas akses pendidikan di seluruh wilayah provinsi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Gubernur mengajak semua pihak, termasuk masyarakat dan lembaga pendidikan, untuk bersama-sama mendukung dan melibatkan diri dalam menyukseskan program ini.

“Semangat kolaborasi diharapkan dapat mengoptimalkan dampak positif Beasiswa Kaltara Unggul dan Insentif Guru Mengaji, menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, serta membawa manfaat jangka panjang bagi perkembangan sumber daya manusia di daerah ini,” tuntasnya.

Anggota DPRD Kaltara, Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara, Sekretaris Provinsi, Dr H. Suriansyah, M.AP, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Pengurus Badan Amil Zakat Provinsi (BAZNAS).

Kepala Pengadilan Pengadilan Tinggi Kaltara, Sarah Louis, SH., MH, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara, Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI) Provinsi Kalimantan Utara. (dkisp)

By Admin.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%